Fishing

Ratusan Mahasiswa Ikuti Talkshow

Sab04052024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Aneka

Ratusan Mahasiswa Ikuti Talkshow

Tampak Bupati Kuningan saat menghadiri talkshow yang digelar BEM Uniku

Kuningan Terkini - Tak kurang dari 500 orang mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Kuningan, mengikuti kegiatan talkshow yang digelar BEM Uniku ((Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kuningan). Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Sanggariang Kuningan, Kamis (12/10), menghadirkan dua narasumber, yakni Wakil Sekjen DPP Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI), Dr Abdy Yuhana SH MH dan Kepala Unit Bimbingan Karir Uniku, Dr Toto Dianto MA.

Talkshow bertajuk Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme melalui Tri Darma Perguruan Tinggi, dibuka langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Hadir pula Warek I Uniku Dr Anna Fitri Hindriana MSi, Presma Uniku Indra Adila Pratama, dan ratusan mahasiswa baik dari Uniku, Unisa, Akfar, Stikku, dan STI Saka Khusnul Khotimah.

“Mungkin kita sebagai mahasiswa, sudah tak asing lagi mendengar kata nasionalisme. Otomatis, hal ini sudah menjadi kewajiban kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung didalam nasionalisme,” ucap Presma Uniku Indra Adila Pratama saat memberikan sambutannya.

Disebutkan, bangsa Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Karena itu, jiwa nasionalisme ini harus betul-betul dimiliki setiap generasi bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Warek I Uniku Dr Anna Fitri Hindriana MSi menuturkan, sebagai warga negara Indonesia bahwa nasionalisme itu patut untuk terus ditumbuh-kembangkan didalam jiwa generasi bangsa, khususnya mahasiswa.

“Kita patut prihatin, munculnya kharakter buruk yang ditandai sosial budaya kita yang berubah. Bangsa yang dulu dikenal penyabar, ramah, penuh sopan santun, kini sekonyong-konyong menjadi pemarah, suka mencaci maki, dan menjadi pendendam,” katanya.

Karena itu kata Anna, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme menggunakan teori, fakta, dan data. Sehingga, adanya talkshow ini bisa memunculkan generasi baru yang sadar dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Sementara, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menyampaikan, rasa terimakasihnya atas kerja keras yang dilakukan mahasiswa BEM Uniku dalam mengadakan talkshow nasional. Baginya, semangat nasionalisme di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa harus terus ditumbuh-kembangkan, dalam rangka menjaga persatuan bangsa.

“Kalau kita simak, bagaimana saat ini harus ada keterpaduan, dan kesepemahaman dan melepas berbagai kepentingan-kepentingan yang sesaat. Sebagai mahasiswa, selayaknya harus siap menghadapi era perubahan seperti persaingan global,” ujarnya.(yan)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing