Fishing

Kuningan “Digoyang” Gempa Tektonik

Sab20042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Aneka

Kuningan “Digoyang” Gempa Tektonik

Pos pengamatan Gunung Ciremai Desa Caracas

KUNINGAN TERKINI- Masyarakat Kabupaten Kuningan dibuat khawatir, Kamis pagi (8/2/2018). Bencana gempa terjadi, tepat pukul 09.33.36 WIB. Meski hanya berkekuatan 3,1 skala SR, tetapi gempa cukup mengguncang beberapa wilayah Kota Kuda ini, selama 19 menit.

“Betul, ada gempa,” aku Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kuningan, Agus Mauludin, saat ditanya KaTer.

Hasil koordinasnya dengan Pos Pengamatan Gunung Ciremai di Desa Sampora, Kecamatan Cilimus, titik gempa berada di lokasi 6.94 LS.44 BT, atau 7 kilometer Barat Laut Kuningan-Jabar.

“Gempa terjadi di kedalaman 19 kilometer. Skala kekuatannya terukur hanya 3,1 SR,” sebut Agus.

Dijelaskan, gempa Kuningan karena adanya aktivitas patahan di daratan sesar Baribis segmen Ciremai. Perkiraan Wilayah Kecamatan Cilimus, Pancalang, Mandirancan dan Pasawahan. Meski tidak dirasakan secara langsung. Ia bersyukur, gempa tidak dirasakan oleh seluruh Wilayah Kuningan. Atau hanya beberapa titik saja. Tidak juga mengakibatkan kerusakan apapun. Tidak juga ada korban.

Gempa bumi tektonik inipun, tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Api Ciremai. Kondisi Gunung Ciremai masih dalam ambang batas normal. “Jadi masyarakat tidak perlu panik. Pasca gempa, Kuningan kita pastikan aman,” tegasnya./tat

Add comment


Security code
Refresh


Fishing