Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Hukum

Polwan Peringati Hari Kartini

Salah seorang Polwan mengenakan baju kebaya saat melayani masyarakat di Mapolres Kuningan.

Kuningan (KaTer) - Ada beragam cara dalam memperingati hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Salah satunya yakni dilakukan oleh sejumlah polisi wanita (Polwan) di Polres Kuningan. Ada sedikitnya 15 anggota Polwan mengenakan pakaian kebaya, namun tetap memberikan pelayanan prima hingga jam kerja selesai.

“Memakai kebaya memang di luar kebiasaan seragam sehari-hari. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini sehingga jajaran Polwan di Polres Kuningan mengenakan kebaya sambil memberikan pelayanan,” kata Iptu Fitri Wijayanti kepada KaTer, Selasa (22/4/2014).

Menurutnya, mengenakan kebaya dilakukan setiap jatuh pada hari-hari peringatan nasional. Peringatan Hari Kartini salah satunya, hal ini merupakan cara untuk menghormati jasa-jasa RA Kartini dan perempuan pada umumnya.

“Memang untuk mobilitas kerja, pakaian kebaya sedikit merepotkan petugas ketimbang seragam kedinasan. Namun, kita terlihat lebih feminim dan nampak keibuan jika mengenakan kebaya,” tuturnya.

Ide mengenakan kebaya sambung Fitri, mendapat dukungan dari atasan kepolisian Kuningan yakni Kapolres Kuningan, AKBP Harry Kurniawan. Selain untuk mengingat emansipasi yang diperjuangkan Kartini, kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan sentuhan pelayanan yang berbeda kepada masyarakat.

Sementara itu, seorang warga yang ingin membuat SIM di Satlantas Polres Kuningan mengaku kaget melihat seragam Polwan hari ini. Salah seorang warga pembuat SIM, Lukman mengakui sempat kaget melihat polwan yang tidak seperti biasanya. Karena, pakaian yang dikenakan bukan seragam dinas, tapi kebaya. Namun dirinya teringat kalau sedang ada peringatan Hari Kartini.

“Tapi, kalau bisa sih harus rutin setiap bulan berpakaian kebaya supaya kelihatan sebagai perempuan Indonesia,” ujarnya.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing