• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Sel26092017

Last updateSel, 26 Sep 2017 8am

Hukum

Pelurusan PLPR Pelabuhanratu ‘A lot’

Papan nama proyek PLPR Pelabuhanratu

Kuningan Terkini, Bandung – Masih alot, bila bisa dikatakan demikian. Dari ruang sidang di PTUN Bandung (23/8/2017) Ketua Majelis Rialam S, SH. MH, dalam duplik dari tergugat yakni Kepala Kantor Pertanahan Sukabumi, masih mendengar paparan tentang sahnya kepemilikan obyek sengketa seluas 6.600 M2, yang berita acara pelepasan hak-nya per 23 September 2015 dari Soerono Haryanto (No. 01/BAPH-32/IX/2015), kepada Pemkab Sukamuni cq Dishub Perhubungan, dianggap sah. Tentu, dengan segala argumen yang menyertainya.

Sementara, Versi Penggugat, transaksi jual beli pembebasan lahan dari Soerono Haryanto ke Pemkab Sukabumi, dugaan keras tidak clear & clean. Termasuk proyek PLPR (Pelabuhan Laut Pengumpan Regional (PLPR) telah melanggar hukum.

“Ada uang sekitar Rp 7 M telah mengalir dari Pemkab Sukabumi untuk Soerono Haryanto. Sekarang perkaranya bergulir di PTUN Bandung,” kata Hanson R Sanger menjelaskan.

Sedikit pembeda pada sidang hari ini, majelis hakim menerima kuasa tergugat (ll), Kepala Dinas Perhubungan Kab. Sukabumi sebagai para pihak dalam perkara ini, termasuk menerima ajuan Firdaus sebagai kuasa hukum Soerono Haryanto sebagai para pihak di pekara ini.

“Soal diterima atau tidaknya, nanti kami pertimbangkan ya?”, demikian ucap Rialam sambil menyatakan sidang akan dilanjutkan pada minggu depan (30/8/2017).

Kondisi di Lapangan.

Pembangunan PLPR (Pelabuhan Laut Pengumpan Regional) di pantai Karang Pamulang Palabuhanratu Kab. Sukabumi, senilai Rp 296 M bersumber dari ABN, sejak bergulir di lapangan pada November 2015 antara “mangkrak dan tidak”. Sejak itu, timbul kesan di masyarakat sebagai proyek jailangkung alias misteri, tersebab, sosialisai yang berproblema. Pun, aneka penentangannya termasuk yang pro dari warga setempat, tak urung disinyalir telah membelah kerukunan.

“Menyayangkan, Pemkab Sukabumi sepertinya sangat tertutup soal PLPR sejak awal,” kata Ferdian (36) warga Dago Timur yang hampir seminggu sekali pergi - pulang antara Palabuhanratu dan Bandung.

Menurutnya, ada yang berbisnis di antara dua lokasi ini. ”Menyesalkan pantai Karang Pamulang jadi acak-acakan, setelah direklamasi. Padahal ini aikon wisata Palabuhanratu,” terangnya.

Pantauan redaksi di lapangan atas progres PLPR sejak minggu lalu muncul lagi alat berat. Termasuk, papan nama proyek ini yang seharusnya terbuka di mata umum, hanya terpasang di dalam area proyek, tanpa menyebutkan nilai proyek. Warga Palabuhanratu, sering menyebutnya – PTT, Proyek Tanpa Transparansi.

“Malah, ada edaran warga buat tandatangan persetujuan kelanjutan proyek ini. Aku mah belon tandatangan, da gimana atuh ini proyeknya juga nggak jelas,” terang Dudung warga Gunung Butak Palabuhanratu per telepon.

Rupanya, kehadiran Firdaus di PTUN pada minggu lalu (16/8/2017) yang katanya akan “meluruskan” hal yang “bengkok” di proyek PLPR, masih terbilang alot. Referensi lainnya, redaksi pada kuliah umum Menteri KKP Susi Pudjiastuti di kampus Unpad (18/8/2017) kepada Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, Bramantiya Setyamurti Poewardi yang ikut bersama Menteri KKP kala itu, mengkonfirmasi perihal kebenaran reklamasi pantai Karang Pamulang Palabuhanratu.

“Ya, ini sudah kami tahu soal reklamasi itu. Ini dalam kajian kami. Kalau sekarang masuk ke PTUN, ini kabar baru. Nanti dipanta,” Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Begitu pun kepada Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad ketika diberitahu tentang kontroversi reklamasi pantai Karang Pamulang, tampak agak terkejut.

”Soal ini akan kami telusuri kebenarannya. Tim dari Unpad memang ada yang ikut serta dalam kajian geo park Ciletuh. Nantilah akan kami dalami kontroversi ini,” pungkasnya.(Harri Safiari)

Comments   

 
0 #3 mobile games 2017-08-31 16:55
Hi there, I enjoy reading through your article. I wanted to write a little comment to support you.
Quote
 
 
0 #2 mobile game 2017-08-30 06:54
I don't even know how I ended up here, however I assumed this publish was great.
I do not recognise who you might be but certainly you are going to a famous blogger for those who
aren't already. Cheers!
Quote
 
 
0 #1 Alma 2017-08-26 11:54
A person essentially lend a hand to make seriously posts I would state.

That is the first time I frequented your web page and so
far? I surprised with the analysis you m[*******]
to create this particular put up incredible. Excellent task!
Quote
 

Add comment