Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Aneka

Acep : Lestarikan Kesenian Tradisonal

Pendukung AE saat menyaksikan lomba Obrog

Kuningan Terkini- Dalam upaya menjaga dan melestarikan kesenian tradisional atau lebih dikenal dengan Obrog, yang rutin hadir setiap bulan suci ramadhan untuk membangunkan orang yang akan melaksanakan makan sahur. Purnama Center mengadakan Lomba Obrog. Bertempat di pelataran parkir Purnama Center di Jalan Jagabaya,

Lomba Obrog diikuti oleh 10 grup kesenian obrog dari berbagai desa di kabupaten kuningan dan 9 grup musisi jalanan dan komunitas pengamen. Suasana semakin meriah ketika Calon Bupati Kuningan, Acep Purnama tiba di lokasi kegiatan dan membuka secara resmi lomba obrog.

Tampil sebagai juara lomba obrog, Juara 1 Grup Birpa (Barisan Relawan Perjuangan) asal Desa Mulyajaya Kecamatan Cimahi, Juara 2 Grup Bumur asa Winduhaji, dan Juara 3 Grup Awirarangan. Ketiga juara berhak mendapatkan uang pembinaan.

Dalam sambutannya, Cabup Acep Purnama memaparkan. Selain dalam rangka menyemarakan Bulan Suci Ramadhan, juga untuk menjaga tradisi kesenian daerah yang sudah sejak zaman dahulu ada. Caranya bisa diperingati dengan lomba obrog.

“Obrog merupakan kesenian tradisional yang rutin hadir setiap kali memasuki bulan suci ramadhan. Tradisi yang sudah ada sejak dahulu, kita harus bisa menjaga tradisi tersebut.

Acep mengaku senang bisa berkumpul dengan beberapa grup obrog dari berbagai desa di kabupaten kuningan,”paparnya. Berlomba lah dengan jujur dan sportif. “Jaga terus kebersamaan ini sampai kapanpun. Dengan tidak ada sekat diantara pemimpin dan rakyatnya. Maka silaturahmi dan komunikasi akan tetap terjalin dan terjaga,”pungkas Acep. /red

Add comment


Security code
Refresh


Fishing