Fishing

PPP Gabung dengan Fraksi PAN

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Parlementaria

PPP Gabung dengan Fraksi PAN

Kuningan Terkini - Setelah berpisah dengan fraksi Gerindra, PPP yang memiliki 3 kursi di DPRD Kuningan bergabung dengan fraksi PAN. Begabungnya PPP dengan fraksi PAN (sekarang jadi Fraksi PAN Persatuan. red) telah disepakati oleh seluruh anggota DPRD dalam sidang Paripurna, Kamis (12/05/2016).

Menurut anggota DPRD dari Fraksi PDIP DPRD Kuningan, Apang Sujaman, perubahan fraksi ini sudah diatur dalam tatib pasal 34. Yaitu, apabila fraksi merubah komposisi atau dua fraksi digabung, kemudian diumumkan di paripurna, ini sudah sah.

“Secara eksplisit, pada saat fraksi itu berubah, kemudian itu diumumkan di paripurna, itu sudah sah. Sehingga tidak perlu ada pansus karena sudah tercover dalam rapat paripurna, mekanismenya sudah jelas,” katanya.

Lebih jauh Apang menjelaskan, perubahan tatib pembentukan fraksi sudah dilakukan saat paripurna pembentukan panitia pemilihan (panlih) Wakil Bupati, sehingga bisa hemat biaya. Kemudian tidak merubah kerangka isi tatib, karena jumlah fraksi masih tetap sama yaitu 7 fraksi.

Ditempat yang sama, Ketua Fraksi PKB, Ujang Kosasih mengatakan, agar pansus dan tatib terus berjalan dan tidak menunggu harus ada peruhaban, maka Fraksi PAN Persatuan dan fraksi Gerindra harus disetujui pada sidang Paripurna.

“Kita mengusulkan hak itu di sidang paripurna kedua, bahwa teman-teman di Fraksi PAN Persatuan dan Fraksi Gerindra dilegitimasi memiliki hak yang sama,” pungkasnya.(l.hakim)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing