Fishing

Negara Asia Tengah Kunjungi Kuningan

Kam18042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Negara Asia Tengah Kunjungi Kuningan

Sekda Kuningan, Drs H Yosef Setiawan, MS.i

Kuningan Terkini - Pasca sukses menggelar even berkelas internasional pada bidang olahraga balap sepeda, kali ini pemerintah Kuningan kembali dikunjungi sejumlah tamu luar negeri dari Negara Republik Uzbekistan, Kazakhstan, Iran, dan Azerbaijan, Selasa (25/8/2015).. Kedatangan tamu kenegaraan tersebut dalam rangka mempromosikan di tingkat internasional khususnya wilayah Asia Tengah.

Hadir perwakilan tamu kenegaraan seperti Duta Besar Kazakhstan Ambassador Asykat Orazbay, Dubes Azerbaijan Ambassador Tamerlan Garayev, Dubes Uzbekistan Ambassador Shavkat Jamolov, Wakil Dubes Iran Mr Ali Saharkhiz, Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemenlu Listyowati, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor dan Kementrian Perdagangan Ari Satria.

Juru bicara dari perwakilan peserta rombongan tamu kenegaraan, Listyowati yang tak lain sebagai Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemenlu mengaku bahwa, kunjungannya ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Sebab, kunjungan ini sebagai langkah upaya penajaman diplomasi ekonomi terutama adalah membantu mencari peluang.

“Selain itu, semoga bisa membantu mempromosikan produk-produk unggulan dari Indonesia di Luar Negeri, dalam hal ini di kawasan Asia Tengah,” katanya.

Sekda Kuningan, H Yosep Setiawan yang mewakili Bupati Kuningan, Hj Utje Ch Suganda menjelaskan tentang kondisi dan letak geografis serta potensi wilayah Kabupaten Kuningan yang mempunyai keunggulan di bidang pariwisata. Secara teritorial wilayah Kuningan ini sebagai salah satu daerah penyangga air dan dikelilingi gunung serta perbukitan.

“Gunung Ciremai ini sendiri statusnya sudah menjadi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang dikelola langsung pemerintah pusat. Adapun Kebun Raya Kuningan yang lokasinya berdampingan dengan Ciremai, merupakan pusat pelestarian dan pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam usaha pemanfaatan sumber daya hayati dan wisata alam pegunungan,” ungkapnya.

Dari berbagai potensi wisata itu kata Yosep, dapat berpeluang untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang menjadi andalan Kuningan. Dengan melihat potensi yang ada, kiranya tidak berlebihan apabila peserta rombongan yang digagas Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu itu, dapat membawa kesan positif dalam meningkatkan serta mendorong interaksi diantara pelaku ekonomi, dan dapat mengembangkan potensi yang ada di Kuningan.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing