Fishing

Kuningan Canangkan Zerro Accident

Kam18042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Kuningan Canangkan Zerro Accident

Ir Bambang Wahyudi

Kuningan Terkini- Sebanyak 150 orang perwakilan dari sejumlah perusahaan di Kanbupaten Kuningan mengikuti sosialisasi Sistem Management Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK 3). Sosialisasi yang digagas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan digelar di Wisma Permata, Rabu (26/07/2018).

"Terjadinya kecelakaan kerja sebagian besar disebabkan faktor manusia dan faktor teknis. Untuk menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, serta sumber produksi dan proses produksi, lingkungan kerja dalam keadaan aman, perlu penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK 3),” kata Ir Bambang Wahyudi, mewakili Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten.

Keselamatan dan kesehatan kerja kata Bambang, merupakan syarat mutlak untuk diterapkan di lingkungan kerja, baik tingkat risiko rendah, sedang ataupun tinggi. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya memberikan perlindungan bagi segenap pegawai atau karyawan untuk mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja secara maksimal.

“Kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan pekerjaan dapat tercipta selama ada komitmen dari perusahaan dan pegawainya akan pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam bekerja, sehingga terhindar dari marabahaya yang akan mengganggu aktifitas dan produktifitas,” katanya.

Kejadian kecelakaan kerja akibat Human Error sambung Bambang, bisa dihindari apabila memiliki satu pandangan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja adalah faktor terpeting dalam lingkungan pekerjaan. Hal itu berpulang kepada penerapan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK 3) di perusahaan, apalagi pemerintah sedang mencanangkan Zerro Accident di lingkungan pekerjaan.

“Dengan adanya sosialisasi SMK 3 ini, diharapkan mampu memotivasi unsur pimpinan ataupun keryawan untuk senantiasa menjalankan sistem K3 sinergi dengan manajemen perusahaan. Sehingga, budaya keselamatan dan kesehatan kerja dapat tercipta.(Ding Arizona)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing