Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Pendidikan

Ribuan Siswa RA Ikuti Manasik Haji

Manasik Haji RA

Kuningan Terkini - Ribuan siswa RA (Raudhatul Atfhal) sewilayah Kuningan berjubel di kawasan Kompleks stadion Mashud Wisnusaputra, Rabu (15/10/2014) mengikuti simulasi manasik haji. Simulasi manasik haji di Pandapa Paramarta ini juga menarik perhatian warga dan pedagang sekitar untuk melihat langsung proses simulasi yang didominasi anak-anak tersebut.

“Panas mah di berjalan di lapangan, tapi seneng sih,” ujar salah seorang siswa RA An Nuur Kaduagung Violetta Kemuning kepada ibunya saat berkeliling di areal miniatur ka’bah.

Simulasi manasik haji bertajuk Peragaan Manasik Haji, Menanamkan benih-benih Islami Sejak Dini tersebut, merupakan kegiatan yang ke 25 kalinya.

“Simulasi manasik haji ini rutin kami gelar tiap tahun. Ini merupakan yang ke 25 kalinya,” terang Ketua IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Atfhal) Kuningan, Ny Mamah disela-sela kegiatan.

Dikatakan, untuk Desember mendatang, IGRA akan menghadapi even Porseni tingkat Jabar. Dalam kesempatan itu, Ia meminta doa restu agar kontingen Kuningan mampu membawa harum kembali nama daerah.

“Tiap tahun, Alhamdulillah kita selalu membawa harum Kabupaten Kuningan di even-even level Jabar. Untuk Desember nanti, insya Allah akan melakukan hal serupa. Untuk itu mohon doa restunya,” ucapnya.

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Hj Utje Ch Suganda MAp diwakili staf ahli Ir H Jajat Sudrajat MSi, Kepala Kemenag Kuningan, Drs KH Agus Abdul Kholik MM saat acara pembukaan. Dalam sambutannya, Agus dan Jajat sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan IGRA.

“Anak-anak seusia sekarang itu sangat berharga. Mereka perlu diberikan pengalaman-pengalaman positif seperti pengalaman sholat, puasa, maupun manasik haji seperti sekarang,” jelas Kemenag Kuningan KH Agus Abdul Kholik.

Dia menuturkan, ada sebuah pesan yang bersumber dari nilai-nilai Islam, belajar di waktu kecil ibarat mengukir di atas batu. Sedangkan belajar di waktu dewasa ibarat mengukir di atas air. Filosofi tersebut menurut Agus, patut dijadikan bahan renungan untuk diaplikasikan pada generasi penerus.

Sementara itu,Staf Ahli Bupati Kuningan Jajat Sudrajat mengapresiasi peragaan manasik haji untuk anak usia dini. Karena, mereka diperkenalkan dengan praktek-praktek ibadah yang diyakini akan tertanam di benak generasi pelanjut.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai wahana mendidik generasi agar kelak berakhlak baik, disamping menjadikan kegiatan ini sebagai media silaturahmi. Diharapkan kegiatan ini dapat memicu dan memacu gairah pendidikan pra sekolah dalam menegakkan syiar Islam serta membentengi moral anak bangsa,” pungkasnya.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing