Fishing

Dinsos PP PA Gelar Bintek Sekolah Ramah Anak

Kam18042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pendidikan

Dinsos PP PA Gelar Bintek Sekolah Ramah Anak

Bimbingan teknis (Bintek) pengembangan sekolah ramah anak (SRA)

Kuningan Terkini - Sejumlah peserta dari Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan, Siswa sd/smp, Guru sd/smp, Komite sekolah sd/smp, Forum anak kuningan bersatu mengikuti mengikuti bimbingan teknis (Bintek) pengembangan sekolah ramah anak (SRA) Kabupaten Kuningan tahun 2017 di wisma Permata, Senin Kemarin (3/4/2017).

Kepala Bidang PPA Dinsos PP PA Kabupaten Kuningan, Hj.Jamilah, S.Pd, MSi, dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang perlindungan anak, hak anak, dan sekolah ramah anak (SRA) serta mewujudkan komitmen sekolah untuk mengembangkan lingkungan sekolah yang ramah dan layak anak.

“Dengan adanya komitmen mewujudkan sekolah ramah dan layak anak diharapkan lingkungan sekolah menjadi tempat yang aman, nyaman dan menyenangkan, yang pada akhirnya akan mendukung pada tumbuh kembang anak yang optimal,” katanya.

Sementara, Kepala Dinsos PP PA Kabupaten Kuningan, H. Uus rusnandar, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan pendidikan yang ramah dan layak anak diperlukan komitmen yang kuat dan kerjasama yang melibatkan semua stakeholder. Yang terutama adalah bagaimana partisipasi anak dapat di akomodir dalam mengembangan sekolah ramah anak. Apa yang menjadi kebutuhan anak dan menyangkut kepentingan anak menjadi pertimbangan utama.

“Sekolah ramah anak merupakan satuan pendidikan formal dan non formal serta informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan diskriminasi dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan,” pungksnya.(jly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing