Fishing

Musda PAN, Kongres Bali Jadi Acuan

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Politik

Musda PAN, Kongres Bali Jadi Acuan

Maman Wijaya

Kuningan Terkini - Dinamika politik yang terjadi di internal PAN dalam Kongres di Bali belum lam ini, nampaknya bakal dijadikan acuan untuk agenda berikutnya di Muswil Provinsi dan Musda Kabupaten/Kota, khususnya agenda Musda PAN di Kuningan. Anggota DPRD Kuningan dari Fraksi PAN, H Maman Wijaya menyampaikan, Kongres PAN di Bali merupakan agenda besar yang penuh sejarah dan patut menjadi perhatian bagi kepengurusan PAN baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota.

“Alhamdulillah Kongres PAN di Bali berjalan lancar dan menunjukkan dinamika yang luar biasa. Kongres juga penuh dengan kehangatan sekaligus menegangkan. Kehangatan, karena disana kita ketemu dengan saudara-saudara satu organisasi se Indonesia. Sedangkan menegangkan karena ada 2 versi disana, satu menginginkan perubahan dan satu lagi menginginkan lanjutkan,” ujar Maman Wijaya saat ditemui KaTer di ruangan Fraksi PAN DPRD Kuningan, Kamis (5/3/2015).

Menurutnya, konteks dinamika politik di internal PAN dalam sekup nasional diyakininya tidak akan terlihat aneh lagi, ketika dinamika yang sama juga terjadi di daerah. Itu justru berpotensi menunjukkan ada perubahan drastis di dalam sistem demokrasi PAN.

“Tidak menutup kemungkinan di daerah juga bisa saja terjadi seperti itu, termasuk di PAN Kabupaten Kuningan. Maksudnya, nanti (saat Musda, red) bisa muncul lebih dari satu calon yang akan memperebutkan kursi Ketua DPD PAN. Menurut saya, itu wajar-wajar saja karena memang di PAN itu demokratis,” terangnya.

Untuk itu lanjut Maman, bagi siapapun yang hendak berniat maju mencalonkan diri sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan, dari sekarang harus mulai bersiap diri dalam menghadapi kemungkinan dinamika yang akan terjadi di Musda PAN Kuningan, yang tidak akan berbeda jauh dengan dinamika saat Kongres PAN di Bali.

“Jadi, kepada para calon kandidat (Ketua DPD PAN Kuningan, red) dari sekarang mereka harus siap-siap untuk menghadapi kondisi seperti itu. Ini bukan hal yang buruk, tapi kedewasaan yang dikedepankan,” katanya.

Sementara itu, hingga saat ini dalam bursa calon Ketua DPD PAN baru muncul dua nama calon kandidat Ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan yang kerap diperbincangkan publik. Kedua calon tersebut yakni Drs Toto Suharto Sfarm Apt (incumbent, red) dan H Udin Kusnaedi SE (Udin Sayur). Keduanya dikabarkan siap bertarung secara sehat dalam perhelatan Musda PAN 2015 untuk memperebutkan kursi Ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing