• Parlementaria
  • Profil
  • Wisata
  • Aneka
  • Home
  • Pemerintahan
  • Hukum
  • Politik
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Min25062017

Last updateSab, 24 Jun 2017 7pm

 

Politik

Sekjen DPP PAN: Survey Dilakukan Bulan Juni

Sekjen APN berfoto bersama dengan pengurus DPD PAN Kuningan.

Kuningan Terkini - Untuk menentukan bakal calon dari DPD PAN Kuningan pada pemilukada Kuningan 2018, akan dilakukan survey pada bulan Juni nanti. Demikian disampaikan Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno di kantor DPD PAN Kuningan, Jum’at (3/3/2017).

“Kita akan melaksanakan survey di DPP terhitung nanti bulan Juni setelah bulan Ramadhan. Dimulai derngan dibentuknya tim Pilkada pusat dan diturunkan menjadi tim Pilkada daerah dan wilayah. Yang selanjutnya daerah akan mengusulkan siapa kader atau pasangan calon yang diusulkan berdasarkan kriteria yang ditetapkan PAN dan hasil kajian survey,” terangnya.

Ketika ditanya apakan Ketua PDP PAN Kuningan H.Udin Kusnaedi layak menjadi bakal calon. Menurut Eddy, semua berpotensi dan harus memiliki survey yang bagus. Eddy meminta kepada kadernya yang sekarang ingin berpartisipasi di Pilkada, harus rajin-rajin turun ke bawah dalam hal ini masyarakat, untuk meningkatkan elektabilitas, “Sehingga masyarakat tahu bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk berbakti kepada masyarkat,” pintanya.

Selain itu juga lanjut Eddy, Siapapun yang menjadi calon Bupati atau Wakil Bupati sudah harus selesai urusan dunia dan hanya fokus pada pengabdian kepada masyarakat dengan memprioritaskan kader PAN yang maju. "Di Kuningan sendiri DPD PAN Kuningan memiliki banyak kader unggulan seperti Ketua DPD, Wakil Ketua PDRD, ada mantan ketua DPD periode lalu,” ujarnya

Sebagai partai terbuka sambungnya, tidak menutup kemungkinan PAN juga menerima dari luar namun harus melalui mekanisme seleksi terlebih dahulu dari PAN. Ia mencontohkan, di peroide 2015-2017 ada calon kepada daerah yang kemudian bermaksud menjadi anggota PAN , namun visi dan misinya berbeda dengan PAN, tentunya PAN tidak bisa menerima aspirasinya.

“Kader PAN yang memang memiliki potensi dan kapasitas untuk bertarung dan kopabilitas kemenangan yang tinggi,” ucapnya. Ia menambahkan, 8 kursi di DPRD yang saat ini yang dimilliki oleh PAN Kuningan, bukan menjadi tolak ukur. Pada saat mencalonkan kepala daerah, berulang kepada individu yang akan maju.

“8 kursi di DPRD itu menunjukkan eksistensi di legesltif dan masyarakat, namun satu unggulan untuk mendorong kader di Pilkada itu harus datang dari keder PAN sendiri,” terang Eddy.

Sementara itu, terkait kesiapan dirinya pada Pilkada 2018 nanti, Ketua PPD PAN Kuningan H. Udin Kusnaedi menturkan, kader yang akan maju di Pilkada janganlah konyol, karena PAN menargetkan kemenangan di Pilkada. “Saya juga harus memperhatikan partai. Jika elektabilitas saya kurang ya saya ikhaskan kepada orang lain yang memikiki elektabilitas tinggi. Tujuan kita adalah menang demi kebesaran partai,” ucapnya.

Pada rapat internal DPD PAN Kuningan, para pengurus DPC yang hadir nampak antusias mendukung H Udin Kusnaedi untuk maju di Pilkada. “Jika DPP memberikan rekomendari dan saya sebagai ketua partai memiliki responsif dari masyarakat bagus, ya saya siap,” ujarnya. (l.hakim)

Add comment