Fishing

Novy, Penyuluh Yang Hobi Blogging

Sab20042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Profil

Novy, Penyuluh Yang Hobi Blogging

Novy Khusnul Khotimah

Kuningan Terkini - Dilingkungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kuningan, gadis berparas cantik yang memiliki nama lengkap Novy Khusnul Khotimah ini dikenal rajin, rendah hati dan mudah bergaul meski dengan orang yang baru dikenalnya. Tidak heran, jika dara cantik penghobby blogging ini memiliki banyak teman.

Dalam menggeluti pekerjaannya sebagai penyuluh di BNN Kuningan, Novy sapaan akrabnya ditekuninya dengan baik. Menurutnya, Ia sangat merasa bersyukur bisa menjadi penyuluh di BNN Republik Indonesia. Karena dengan pekerjaannya, Ia dapat menyalurkan naluri kepedulian sosialnya agar berguna bagi masyarakat.

“Saya bisa memberikan sumbangsih kepada bangsa dan Negara Indonesia untuk menjadi Negara yang lebih baik,” katanya kepada Kuningan Terkini, Minggu (1/2/2015).

Terlebih kata Novy, BNN RI merupakan lembaga yang bekerja membidangi masalah sosial yang khusus menangani program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). “Jadi, dalam bekerja tidak hanya berharap untuk mencari penghasilan semata, tapi juga merupakan wujud pengaktualisasian diri yang bernilai ibadah,” ujarnya.

Penyuluh lanjut Novy, merupakan profesi yang cukup menantang baginya. Karena, tidak melulu yang memberi informasi tentang P4GN, juga memperluas pengetahuan dan pengalaman. Penyuluh dituntut untuk bisa bergaul di lingkungan mana saja, entah di kalangan pelajar dan mahasiswa, ibu-ibu pengajian, komponen-komponen masyarakat seperti instansi pemerintah, swasta, dan LSM.

“Diluar aktivitas menyuluh, saya juga hobi blogging dengan alamat blog saya dapat diakses di www.novykayra.blogspot.com. Dalam blog tersebut saya merangkum pengalaman saya baik di BNN maupun aktivitas saya sehari-hari,” paparnya.

Lebih jauh dara kelahiran Semarang ini menjelaskan, Ia masuk CPNS tahun 2013 melalui rekrutmen langsung dari BNN pusat dengan domisili Semarang, selanjutnya ditempatkan di BNN Kabupaten Kuningan. Untungnya, perbedaan bahasa daerah tidak menjadi halangan yang berarti baginya.

“Sebagian besar masyarakat Kuningan mengerti isi penyuluhan saya yang berbahasa Indonesia walaupun sedikit berlogat jawa. Selain itu, teman-teman sekantor saya sangat kooperatif dalam membimbing saya, baik dari segi pekerjaan maupun dalam memahami budaya masyarakat sunda,” terangnya.

Diakhir perbincangan, Novy mengungkapkan, walau jauh dari kampung halaman, Ia sangat menikmati ditugaskan di Kuningan. Karena, pekerjaannya merupakan tugas yang mulia dan sedikit banyak berkontribusi untuk mencegah dan mengurangi jumlah penyalahguna narkoba di Indonesia.

“Dua hal yang menjadi semangat dan motto hidup saya yaitu Love what you do, do what you love dan sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya. Saya ingin melakukan pekerjaan yang saya sukai dan ingin bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia,” pungkasnya.(NK)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing