Fishing

Saung Indung Gencar Sosialisasi Iket Sunda

Sel16042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Profil

Saung Indung Gencar Sosialisasi Iket Sunda

Saung Indung saat mensosialisasikam iket sunda di sekolah.

Kuningan Terkini – Dalam melestarikan budaya sunda, komunitas Saung Indung yang dimotori Deri Akbar tidak ada habisnya melakukan sosialisasi. Kali ini targetnya adalah SMAN Kadugede, mereka mengisi mata pelajaran kebudayaan kelas 10 selama satu minggu penuh, dengan materi pengenalan Iket Sunda pada masyarakat.

Deri Akbar yang ditemui Kuningan Terkini, Senin (30/1/2017), dikediamannya, mengatakan, kegiatan tersebut sudah berlangsung dari tahun 2013 silam, dan bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan sunda khususnya iket kepada para generasi muda, disini ialah para pelajar. Banyak yang salah kaprah terhadap iket, dia ingin merubah paradigma masyarakat yang beranggapan iket hanya digunakan oleh dukun, dalang, dan lainnya.

“Iket itu warisan yang sangat berharga, kalau bukan kita yang melestarikannya siapa lagi. Maka dari itu kita (Saung Indung/Red) gencar melakukan sosialisasi,bahwa iket juga bisa digunakan oleh masyarakat modern,” katanya.

Selain di SMAN Kadugede lanjut Deri, mereka juga bersosialisasi disekolah lainnya seperti, SMAN Cidahu dan SMAN 3 Kuningan. Akan tetapi tidak rutin seperti Kadugede, karena disana sudah terjalin kuriulum dimana anak kelas 10 diwajibkan mempelajari budaya sunda, baik iket maupun lainnya pada semester awal pendidikan.

Deri juga berencana ingin memasukan budaya iket pada intansi pemerintahan, seperti yang sudah berjalan di Bandung, ada hari khususnya. “Dulu pernah coba masuk tapi kurang ditanggapi, padahal bila intansi menggunakan iket secara menyeluruh akan terasa kebudayaannya. Tidak harus menggunkan baju adat, dipakai dengan batik pun bagus,” pungkasnya. (Gilang)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing