Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Parlementaria

Bupati Sampaikan RPJMD 2018-2023

Rapat Paripurna DPRD Kuningan.

Kuningan Terkini- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, menyampaikan Nota Pengantar Bupati mengenai Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023. RPJMD disampaikan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Jumat (17/5/2019).

Menurut Bupai Kuningan, H Acep Purnama, SH, MH, RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi dan program bupati dan wakil bupati yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan program pembangunan dan keuangan daerah untuk jangka waktu lima tahun kedepan.

“DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kuningan kata Acep, telah menetapkan program pembentukan peraturan daerah (PROPEMPERDA) Kabupaten Kuningan berjumlah 15 Rancangan Peraturan Daerah yang dibahas pada tahun 2019 sebanyak 12 Raperda yang diajukan pemerintah daerah dan tiga Raperda dari hak inisiatif DPR Kabupaten Kuningan,” katanya menjelaskan.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Rana Suparman mengatakan pimpinan DPRD telah menerima surat dari Bupati Kuningan Nomor : 180/1485/HUK tanggal 15 Mei 2019 perihal permohonan Harmmonisasi terhadap lima Raperda Kabupaten Kuningan. Diantaranya, RPJMD Tahun 2018-2023, Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha, PDAM Tirta Kamuning, Kepemudaan dan Raperda Tentang Izin Mendirikan Bangunan.

“Badan pembentukan pemerintah daerah DPRD Kabupaten Kuningan telah menindaklanjuti Raperda yang diajukan oleh pemerintah daerah dan telah dibahas antara Badan pembentukan peraturan daerah bersama pihak pemerintah daerah,” paparnya.

Dari lima Raperda yang diajukan oleh pemerintah daerah kata Rana, hanya satu Raperda yang dibahas, yaitu Raperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)Tahun 2018-2023. Hal ini mengingat waktu pembahasan Raperda dibatasi oleh peraturan per buundang-undangan. “Sedangkan empat Raperda lainnya akan dibahas pada bulan berikutnya,” terangnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing