Fishing

Kuningan Terima Penghargaan SPIP

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Kuningan Terima Penghargaan SPIP

Bupati Kuningan saat menerima penghargaan dari Gubernur Jabar.

Kuningan Terkini - Awal bulan Ramadhan 1438 H ini, membawa berkah tersendiri bagi Kabupaten Kuningan. Pasalnya, Bupati Kuningan H. Acep Purnama menerima penghargaan dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Provinsi Jawa Barat atas Pencapaian Level 2 Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP). Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Jawa Barat H. Achmad Heryawan kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama, di Lapangan BPKP Perwakilan Jawa Barat, pada Upacara Peringatan HUT ke-34 BPKP di Bandung.

Turut mendampingi Bupati, Inspektur Inspektorat Kab Kuningan Drs. H. Kamil Ganda Permadi MM beserta jajarannya, Kabag Humas Wahyu Hidayah, MSi dan Kabag Umum Guruh I. Zulkarnaen SSTP MSi. Bupati Kuningan, Acep Purnama, SH,M mengatakan, pemkab Kuningan selalu berupaya meningkatkan kualitas perencanaan, pembangunan, pelaporan dan pengendalian internal. Dengan terbentuknya Satgas SPIP upaya Pemkab Kuningan dalam pengendalian internal semakin intensif dijalankan di tingkat SKPD dan kecamatan.

“Alhamdulillah upaya tersebut telah membuahkan hasil, dimana Kabupaten Kuningan berada di peringkat 3 setelah Kota Bekasi dan Kabupaten Sukabumi,” tutur Bupati Acep..

Menurutnya, pemerintah telah banyak mengeluarkan berbagai bentuk sistem yang seluruhnya berakhir pada tujuan untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Penyelenggaraan pemerintahan, sambung bupati, tentu memiliki kegiatan yang cukup banyak dan sangat luas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, pengawasan hingga evaluasi.

“Untuk mewujudkan tata kelola penyelnggaraan pemerintah yang baik tersebut pemerintah membentuk suatu sistem yang dapat mengendalikan seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahan. Sistem dimaksud adalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau sering disingkat dengan SPIP,” ujarnya.

Untuk meningkatkan motivasi pemerintah daerah, BPKP melaksanakan penilaian maturasi SPIP. Ada 5 level atau skala maturasi dalam penilaian ini. Saat ini Kabupaten Kuningan masih berada di level 2 berkembang dan masih sangat mungkin untuk ditingkatkan.

"Peluang Kuningan untuk mencapai level 3 masih sangat terbuka. Di Jawa Barat baru Kota Bekasi saja yang mencapai level 3. Dengan komitmen tinggi dari SKPD saya meyakini, tahun depan kita akan mampu meningkatkan prestasi ini. Apalagi telah terbentuk Satgas SPIP akan memudahkan dalam hal pengendalian dan evaluasinya," tegas bupati.

Bupati Acep merasa yakin tingkat kematangan (maturity level) SPIP menggambarkan tahapan proses yang lebih diyakini akan mengarahkan pada output dan outcome yang lebih baik. “Tingkat Maturitas penyelenggaraan SPIP merupakan kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan.,” terangnya.(L.Hakim)

Comments   

 
0 #1 VelmaBold 2018-05-14 08:18
I have checked your blog and i have found some duplicate content, that's why you don't rank high in google's
search results, but there is a tool that can help you to
create 100% unique articles, search for: SSundee advices unlimited content for your blog
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh


Fishing