• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Sel26092017

Last updateSel, 26 Sep 2017 8am

Pemerintahan

Gedung BUMDes Margabakti Diresmikan

Gedung BUMDes Margabakti Diresmikan

Kuningan Terkini – Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan terus melakukan upaya pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Salah satunya yakni dengan meresmikan Gedung BUMDes Tangguh Berkarya di Desa Margabakti Kecamatan Kadugede Kuningan, Rabu (9/8). Dalam peresmian itu, diserahkan pula bantuan peralatan dan aplikasi untuk unit usaha Gerai BUMDes.

Hadir Kepala DPMD Kuningan Drs Deniawan MSi didampingi Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) H Deden Kurniawan SA Ks SE MSi, Dirut BUMDes Hestya, Kadis Koperasi dan KUKM Ir Bunbun Budhiyasa, Kadis DPMPTSP H Lili Suherli MSi, Kabag Ekonomi Uu Kusmana MSi, para kepala desa, pengurus BUMDes dan Asosiasi BUMDes Kuningan, serta para mitra kerja BUMDes seperti Bulog, Hismana Migas, dan BNI.

Kepala DPMD Kuningan Drs Deniawan MSi didampingi Kabid UEM H Deden Kurniawan SA Ks SE MSi mengatakan, BUMDes di wilayah Kuningan telah tumbuh dan berkembang kearah yang tepat. Namun hal itu belum berakselerasi secara cepat, sesuai dengan salah satu tujuannya yakni mengatasi permasalahan ekonomi mikro dan makro di perdesaan.

“Seperti misalnya penyerapan tenaga kerja sehingga mengurangi trend urbanisasi. Jadi, hadirnya BUMDes ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mencapai kemandirian ekonomi desa,” ujarnya.

Jumlah BUMDes di tahun 2017 sendiri lanjutnya, ada sebanyak 95 BUMDes dengan jenis usaha BUMDes yang berbeda-beda. Saat ini jenis usaha BUMDes yang telah ada yaitu Pasar Desa, Pariwisata DEsa, PAM Desa, Lumbung Pangan Kawasan Perdesaan (Lumpang Kades dan Lumpangdes), Simpan Pinjam dan Bank Mikro, Layanan Jasa Keuangan (Finance Service) dengan Perbankan dan jasa keuangan lain (listrik, pulsa, BPJS dan lainnya menggunakan mesin edisi), Pengelolaan Sampah, Warung BUMDes (Bulog dan Pengusaha), Perdagangan Umum, dan Jasa Konstruksi.

“Akan tetapi, modal BUMDes masih terbatas pada penyertaan modal dari pemerintah desa. Sehingga, untuk pengembangan atau expansi usaha terbentur pada ketersediaan modal usaha BUMDes,” jelasnya.

Dikatakan, salah satu upaya perluasan usaha BUMDes maka pemerintah daerah melalui DPMD memfasilitasi kemitraan antara BUMDes dengan Perum Bulog Divisi Regional wilayah Cirebon, Pertamina, Hiswana Migas, dan Perbankan yang ada di kuningan untuk menjalin kemitraan.

“Kegiatan itu diantaranya BUMDes menjadi mitra Bulog untuk distribusi sembako dengan tujuan utama kestabilan harga, BUMDes menjadi mitra Pertamina dalam penyaluran gas elpiji, dimana BUMDes menjadi pangkalan gas sekaligus melakukan konversi penggunaan gas subsidi ke non subsidi. Lalu, BUMDes menjadi agen layanan keuangan Perbankan dalam program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai),” sebutnya.

Dia mengungkapkan, bahwa BUMDes Tangguh Berkarya ini merupakan salah satu pilot project yang menjadi sasaran penguatan kelembagaan DPMD dari 15 BUMDes yang akan dijadikan percontohan di Kuningan.

“Mari kita gelorakan slogan BUMDes yakni Desa Nanjeur Nagara Raharja, salam BUMDes, MerDESA (Merdeka Ekonomi Desa),” kata Deniawan.

Sementara Direktur BUMDes, Hestya menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak terkait khususnya pemerintah daerah melalui DPMD, yang telah meresmikan Gedung BUMDes Tangguh Berkarya.

“Setelah peresmian ini, maka BUMDes Tangguh Berkarya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat mulai penjualan sembako, gas LPG, payment online, dan layanan perbankan berupa pembukaan rekening, transfer, dan penarikan uang,” pungkasnya. (yan)

Comments   

 
0 #1 Judi Bola Tangkas 2017-09-07 07:09
53 year-old Defence Drive Senior Officer Kristopher Jaimes from Erin,
loves to spend some time models, Judi
Bola Tangkas: http://goldenbola.info/ and tool collecting. Was in recent past
making a trip to Greater Accra.
Quote
 

Add comment