• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Sab25112017

Last updateJum, 24 Nov 2017 3pm

Pemerintahan

HUT Kuningan Ke-519, Bupati: Ayo Bekerja

Logo HUT Kuningan ke-519

Kuningan Terkini - Upaya pemerintah Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan pembangunan diberbagai sektor, khususnya dibidang infrastruktur penunjang perekonomian masyarakat, mengalami peningkatan yang signifikan. Keberhasilan ini tidak lepas dari tangan dingin kepemimpinan Bupati Kuningan, H Acep Purnama, SH, MH yang mampu melaksanakan fungsi managemen dengan baik, sehingga Kabupaten Kuningan mampu mempertahankan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ketiga kalinya.

Menurut Bupati Kuningan, H Acep Purnama, SH, MH, pada tahun 2017, penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah merupakan tahun ke-4 kepemimpinannya selaku bupati/wakil bupati periode 2013-2018. Hal ini sesuai dengan tahapan pembangunan sebagaimana diamanatkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kuningan 2014-2018.

RPJMD Kuningan 2014-2018 tersebut kata Acep, diantaranya, peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan dibidang Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Pariwisata, Kehutanan, Industry, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan, Perikanan, Penataan Ruang, Lingkungan Hidup, Pekerjaan Umum serta bidang lain yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik.

“Sesuai dengan potensi yang kita miliki saat ini, pemerintah daerah terus memacu pembangunan infrastruktur, seperti lanjutan pembangunan jalan Lingkar Timur – Caracas – Panawuan – Garatengah – Kedungarum- Kertawangunan Terminal Tipe-A. Selain itu, telah digulirkan gerakan membangun sarana dan infrastruktur bersama masyarakat (gerbang simas),” katanya kepada Kuningan Terkini, Kamis 31/07/2017).

Untuk pembangunan di Kuningan bagian selatan sambung Acep, masih perlu ditingkatkan dan direncanakan untuk diadakan pelebaran jalan mulai Cipasung - Selajambe - Subang - Cilebak sampai perbatasan Cilacap, Jawa Tengah. Hal ini untuk membuka akses ekonomi altenatif jalur tengah (Jabar - Jateng).

“Berkat kebijakan bersama antara pemerintah daerah dan DPRD serta dukungan masyarakat, alhamdulilah program-program yang kita laksanakan telah memberikan dampak positif dengan beberapa keberhasilan yang kita capai,” ujarnya.

Keberhasilan yang dicapai tersebut jelas Acep, diantaranya, adanya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 74,84 point. Selain itu juga beberapa raihan penghargaan yang mampu mempertahankan yaitu, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya.

“WTP merupakan sebuah penghargaan untuk pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan dan belanja daerah dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI),” jelasnya.

Sementara dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan, Kabupaten Kuningan boleh berbangga hati dengan diraihnya prestasi kinerja tertinggi dalam laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) dari Mendagri. Penghargaan lainnya terang Acep, Kaupaten Kuningan mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI. Ini mengindikasikan Kabupaten Kuningan adalah tempat yang ramah, tempat yang layak bagi tumbuh kembangnya generasi muda untuk menjadi generasi yang sehat, cerdas, produktif dan berahlaqul karimah.

“Beberapa penghargaan lain terus kita raih. Dalam bidang olahraga, ada atlet asal Nusaherang, Kuningan berhasil meraih emas di Sea Games atas nama Eki Febri Ekawati,” terangnya.

Dengan kondisi seperti ini ucap Acep, Ia optimis Kuningan akan dapat bersaing dengan daerah lain dalam segala bidang. Tentunya keberhasilan ini merupakan keberhasilan semua masyarakat Kabupaten Kuningan, baik yang ada disini maupun diluar Kuningan. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas peran sertanya. Diakhir perbincangan, Acep mengajak untuk membulatkan tekad dan semangat yang kuat, bahu membahu bersama membangun demi pencapaian visi kuningan yaitu Kuningan Mandiri, Agamis dan Sejahtera (MAS) tahun 2018.

“Kami mengucapkan Dirgahayu Kuningan ke-519, mari kita teguhkan semangat kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas. Ayo bekerja bersama-sama demi kemajuan kabupaten Kuningan dimasa yang akan datang,” pungkasnya.(j'ly)

Add comment