• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Kam23112017

Last updateKam, 23 Nov 2017 10pm

Pemerintahan

Calon Pengurus KNPI Harus Lebih Selektif

Kabag Persidangan DPRD Kuningan

Kuningan Terkini - Menjelang Musda KNPI yang digelar Desember depan, ternyata mendapat sorotan khusus dari mantan Ketua DPD KNPI periode 2009-2010, Drs Dedi Kusnadi MSi. Bahkan Dedi berpendapat, calon pengurus KNPI nantinya perlu lebih selektif agar memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap kemajuan pemuda Kabupaten Kuningan.

“KNPI itu organisasi kader, dan wadah berhimpun OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda). Nah sebagai organisasi kader, cirinya itu lebih mengedepankan kapasitas dan kompetensi seorang kader. Sedangkan KNPI sebagai wadah berhimpun itu, artinya bahwa para pengurus itu delegasi dari OKP-OKP yang ada di Kabupaten Kuningan,” kata Dedi yang kini menjabat sebagai Kabag Persidangan DPRD Kuningan saat diwawancarai awak media, Selasa (17/10).

Oleh sebab itu lanjutnya, setiap OKP bisa mendelegasikan setiap anggotanya untuk duduk di KNPI. Kedudukan pengurus KNPI yang berasal dari OKP itu wajib memiliki surat mandat dari OKP terkait. Maksudnya, supaya pengurus-pengurus KNPI itu sudah betul-betul teruji di masing-masing OKP nya.

“Karena OKP yang mendelegasikan pengurusnya di KNPI itu sudah jelas, disitu ada misi untuk memberdayakan KNPI. Makanya, tidak bisa asal masuk saja, harus secara resmi. Karena itu akan terukur, setidaknya kalau OKP telah mendelegasikan anggotanya untuk duduk di KNPI,” tandasnya.

Idealnya kata Dedi, kepengurusan di KNPI itu harus merepresentasikan jumlah OKP yang ada di Kuningan, sekaligus keterwakilan dari DPK KNPI berdasarkan kewilayahan. Kalau secara kewilayahan itu terbagi menjadi lima, jadi ada ruang untuk pengurus KNPI di kecamatan dalam mewakili wilayahnya duduk di DPD KNPI Kuningan.

“Sehingga, keterwakilan KNPI dari kecamatan ini menjadi penghubung koordinasi antar pengurus di tingkat DPD ke DPK KNPI di setiap wilayahnya. Makanya, harus ada keterwakilan KNPI dari kecamatan untuk duduk di DPD KNPI sesuai dengan representasi kewilayahan,” ujarnya.

Kedepan, dirinya berharap bahwa kepengurusan KNPI jangan hanya mengedepankan kuantitas namun lebih kepada kualitas pengurus. Jadi, lebih baik ramping struktur namun kaya fungsi. “Maka dari itu, yang duduk di KNPI itu harus betul-betul yang punya keterpanggilan, kompetensi, kapasitas untuk memperjuangkan aspirasi pemuda, dan memecahkan persoalan-persoalan pemuda. Jangan sampai, kader-kader yang tidak memenuhi kriteria itu diberi ruang, karena sudah jelas tidak punya rasa kepedulian dan tanggung jawab serta visi misi yang jelas membangun pemuda Kuningan,” tegasnya lagi.

Terkait figur calon Ketua KNPI, Dedi menilai, bahwa siapapun memiliki peluang dan tidak ada dikotomi apakah itu birokrasi, politisi, pengusaha maupun lainnya. Paling penting, harus memiliki ketokohan. “Jadi harus terlihat ketokohan serta kepeloporan, teruji, punya kepedulian, dan memiliki akses maupun jaringan yang luas. Sebab, paling pokok yakni bisa meningkatkan peran pemuda dalam partisipasi pembangunan daerah. Sehingga, pemuda punya ruang, pemuda punya akses dalam mewarnai suksesnya pembangunan daerah,” ungkapnya.

Sebab baginya, KNPI itu harus mampu memainkan perannya sebagai katalisator, fasilitator, dan dinamisator. Oleh karenanya, KNPI harus memfasilitasi potensi-potensi aktivis-aktivis kepemudaan sehingga merasa terwadahi, lalu dinamika yang berkembang KNPI harus mengantisipasi dan memberi ruang kepada potensi-potensi pemuda, dan menjadi stabilisator kepemudaan. (yan)

Comments   

 
0 #3 Timbangan Digital 2017-11-22 11:41
My spouse and I stumbled over here by a different website and thought
I might check things out. I like what I see so i am just following
you. Look forward to looking at your web page for a second
time.
Quote
 
 
0 #2 Timbangan Digital 2017-11-21 12:18
I would like to thank you for the efforts you've put in penning this blog.
I am hoping to check out the same high-gr[******* ] blog posts from you in the future as well.
In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my
very own website now ;)
Quote
 
 
0 #1 Timbangan Digital 2017-10-19 17:10
Hi, i think that i saw you visited my blog so i came to
“return the favor”.I'm attempting to find things to enhance my website!I suppose its ok to use some of
your ideas!!
Quote
 

Add comment