• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Sab16122017

Last updateSab, 16 Des 2017 2am

Pemerintahan

Bupati Canangkan Kuningan Bercahaya

Bupati Kuningan berfoto bersama usai pencanangan Kuningan Barcahaya

Kuningan Terkini – Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH Mencanangkan Kuningan Bercahaya (Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat) di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kuningan, Rabu (29/11). Pencanangan yang dikemas dengan acara Gebyar Kunjungan Perpustakaan, dihadiri Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Drs Ucu Suryana MSi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Jabar Dr Oom Nurohman MSi, Istri Wakil Bupati, Danramil Kuningan, pegiat literasi, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sekaligus melakukan pencanangan Kabupaten Kuningan sebagai Kuningan Bercahaya (Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat), penobatan Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama sebagai Bunda Literasi, duta baca Kuningan, serta pemberian hadiah lomba keluarga Literasi, lomba perpustakaan desa dan kelurahan, dan lomba silsilah desa. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan juga memberikan sumbangan sebanyak 8.000 buku kepada perpustakaan pondok pesantren, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, kita terus berupaya menggalakan dan melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan referensi bahan pustaka, salah satunya yakni dengan kegiatan gebyar kunjungan perpustakaan. Ini merupakan kegiatan untuk memberikan pelayanan informasi, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui gebyar kunjungan perpustakaan,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs Ucu Suryana MSi, Rabu (29/11).

Gebyar kunjungan perpustakaan ini kata Ucu, sebagai ajang kreatifitas dan dorongan kepada masyarakat pengguna perpustakaan, untuk berlomba-lomba mengunjungi perpustakaan. Jadi masyarakat nantinya akan mengetahui apa saja yang ditawarkan perpustakaan, serta apa saja manfaat yang didapatkan saat mengunjungi perpustakaan.

Sementara Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH mengajak, agar warga Kabupaten Kuningan khususnya para pelajar dan mahasiswa untuk rajin membaca dan mengunjungi perpustakaan. Bupati Acep optimis, suatu saat minat baca masyarakat di Kabupaten Kuningan akan mengalami peningkatan.

“Saya optimis suatu saat nanti minat baca masyarakat di Kuningan meningkat. Saya yakin itu, misalnya saja saat saya berkunjung ke Desa Cisantana, di Balai Desa itu memanfaatkan ruang terbuka dengan sederet buku-buku bacaan untuk masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati Acep meminta, agar para kepala desa atau lurah yang belum memanfaatkan ruang terbuka di balai desanya untuk taman baca, agar bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam upaya peningkatan minat baca masyarakat.

“Saya berharap sekali, di semua kedinasan, balai-balai desa, kantor kelurahan, berikan sedikit ruang untuk memajang dan menyuguhkan buku-buku bacaan. Agar, apabila ada warga yang datang berkunjung bisa memanfaatkan buku-buku itu untuk dibaca,” pungkasnya. (yan)

Add comment