Fishing

Dicueki BBWS, 3 Tahun Ajukan Normalisasi Sungai

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Dicueki BBWS, 3 Tahun Ajukan Normalisasi Sungai

Aris Muhadat

KUNINGAN TERKINI- Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung Cirebon, sepertinya merupakan lembaga berwenang yang harus paling bertanggungjawab atas musibah banjir dahsyat dan tanah longsor di Desa/Kecamatan Cibingbin dan sekitarnya. Sebab solusi utama normalisasi sungai melalui pengerukan sejak 3 tahun lalu, tidak ditanggapi samasekali oleh BBWS.

“Kami sudah mengajukan normalisasi sungai sejak 2016 ke BBWS. Setiap tahun mengajukan. Tapi jangankan hasil, atau tindaklanjut, respon saja tidak ada samasekali. Gak ada tanggapan,” keluh Kepala Desa Cibingbin, Aris Muhadat, kepada KaTer, Selasa (27/02/2016)

Normalisasi sungai diakui Aris, merupakan solusi paling tepat. Baik normalisasi Sungai Cijangkelok maupun anak Sungai Cikondan. Sebab selain telah terjadi pendangkalan hebat di dua sungai tersebut, lebar Sungai Cikondan juga telah mengalami penyempitan.

“Dulu lebar sepanjang sungai ini 10 meteran. Sekarang paling rata-rata 7 meteran,” sebut dia. Penyempitan diakibatkan banyak warga bertempat tinggal di pinggiran sungai memperlebar lahan kepemilikan hingga memakan lahan sungai.

“Tapi kalau ada normalisasi, semua penyempitan sungai InsyaAllah bisa dikembalikan seperti semula. Kuncinya normalisasi dulu,” katanya./tat

Add comment


Security code
Refresh


Fishing