Fishing

Mang Ewo: Pilihan Sekda Sepenuhnya Kewenangan Bupati

Sel16042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Mang Ewo: Pilihan Sekda Sepenuhnya Kewenangan Bupati

Sujarwo

Kuningan Terkini- Siapa sosok yang akan menempati kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan definitive usai berakhirnya masa jabatan penjabat sekda 3 bulan kedepan, definitif, hingga saat ini masih menjadi teka-teki. Hingga saat ini, pemilihan Sekda Kuningan Definitif masih dalam tahapan Open Biding.

Menurut Ketua F-Tekad, Sujarwo yang akrab disapa Mang Ewo, siapa sosok ASN yang akan mendapat kepercayaan memegang jabatan Sekda Kuningan pasca ditinggal pensiun Yosef Setiawan, sepenuhnya merupakan kewenangan Bupati sebagai pengguna.

”Tentunya terlebih dahulu harus melalui tahapan open biding sesuai dengan ketentuan undang-undang. Artinya, tidak ada satu elemenpun, termasuk lembaga Legislatif yang dapat mengintervensi kebijakan Bupati,” kata mang Ewo, kamis (05/07/2018).

Lebih jauh Meng Ewo menjelaskan, tahapan open biding ini melibatkan orang yang berkompeten sebagai Pansel/Timsel yang didominasi kalangan akademisi ternama (3 orang) plus 2 orang birokrat dari Pemprov Jabar.

“Diharapkan, timsel ini dapat menjaring sosok yang mumpuni untuk menduduki jabatan tertinggi birokrat (Sekda) di tingkat Kabupaten, tidak terkecuali di Kabupaten Kuninga,” terangnya.

Diakhir perbincangan, Mang Ewo mengatakan, guna menghadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi Kabupaten Kuningan, terlebih dengan dioperasikannya Bandara Kertajati Majalengka, tentunya dibutuhkan sosok Sekda yang kreatif, inovatif dan memiliki inisiatif yang tinggi. Sehingga, Kuningan bisa mendapatkan dampak positif dari dioperasikannya Bandara Kertajati.

“Mempertentangkan figur senior-junior berdasarkan pada usia, dinilai kurang bijak. Benar figur yang lebih senior dari segi usia diharapkan akan lebih punya sikap bijak dan mengayomi terhadap jajaran birokrat di bawahnya. Tapi, sikap tersebut juga tidak mustahil dapat dilakukan oleh sosok muda ASN yang sering disebut junior dari sudut usia,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing