• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Kam23112017

Last updateKam, 23 Nov 2017 9am

Pendidikan

Dosen Pembimbing Lapangan Unik Ikuti Pembekalan

Dosen Pembimbing Lapangan Uniku saat mengikuti Pembekalan

Kuningan Terkini - Setelah kemarin menyelenggarakan pembekalan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN), kini giliran dosen pembimbing lapangan mengikuti kegiatan workshop atau pembekalan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) di Aula Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku), Sabtu (15/07/2017).

Oding Syafrudin selaku Ketua LPPM Uniku, mengatakan, kegiatan workshop atau pembekalan bagi dosen pembimbing lapangan (DPL) ini merupakan bagian dari kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang ditujukan untuk meningkatkan peran atau fungsi DPL dan mengoptimalkan kegiatan KKN sehingga kegiatan KKN itu dapat bermanfaat dan bermakna bagi masyarakat setempat.

“Iya, kegiatan workshop yang diselenggarakan hari ini merupakan bagian dari kegiatan KKN 2017 dengan tujuan agar meningkatkan dan lebih mengoptimalkan kegiatan KKN tersebut sehingga dapat lebih bermanfaat dan lebih bermakna bagi masyarakat setempat,” tuturnya.

Selain itu, Oding berharap, kepada seluruh dosen pembimbing lapangan (DPL) yang hadir pada hari ini adalah dosen yang mendapatkan kepercayaan, diharapkan terlibat langsung dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan penilaian kegiatan KKN 2017. Oleh karena itu, profesionalisme sebagai dosen tetap terjaga.

“Iya, saya berharap seluruh dosen pembimbing lapangan (DPL) agar terlibat langsung mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kegiatan KKN 2017 tersebut, sehingga profesionalisme sebagai dosen tetap terjaga,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan pembekalan yang diselenggarakan oleh LPPM ini merupakan kegiatan untuk menyusun program kerja kuliah kerja nyata (KKN) yang lebih terarah sesuai dengan tema yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa”.

“Iya, kegiatan pembekalan yang baru pertama kalinya diselenggarakan bagi 45 dosen pembimbing lapangan (DPL) tersebut, bertujuan untuk menyusun program kerja agar lebih terarah sesuai dengan tema KKN 2017,” ujarnya.

Selain itu, Dikdik menjelaskan, pada KKN 2017 ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya diselenggarakan di luar Kabupaten Kuningan. Sebelumnya, Uniku melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pernah menyelenggarakan KKN di daerah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Brebes dan sekarang di Kabupaten Majalengka. “Iya, penyelenggaraan KKN tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Majalengka tersebut, merupakan kegiatan yang ketiga kalinya diluar Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dengan penyelenggaraan KKN diluar kota tersebut, dirinya berpesan, pertama, bagi dosen pembimbing lapangan (DPL) agar selalu berkoordinasi dan bertatap muka dengan rutin datang ke desa yang dibimbingnya.

Kedua, menyusun program kerja mulai dari awal perencanaan, pelaksanaan dan nantinya memberikan penilaian agar kegiatan KKN tahun ini lebih terarah dan hasilnya lebih bermakna bagi masyarakat setempat. Ketiga, saya hanya mengingatkan agar mahasiswa dan mahasiswi Uniku selalu menjaga diri, menjaga kesehatan dan yang paling utama adalah menjaga nama baik diri sendiri, keluarga maupun nama baik lembaga Universitas Kuningan (Uniku).

“Selamat bekerja. Jaga diri, jaga kesehatan dan jaga nama baik almamater Universitas Kuningan (Uniku),” pesannya.(Noarizky)

Add comment