• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Jum21092018

Last updateJum, 21 Sep 2018 1am

Politik

Strategi Dudy-Udin Tingkatkan PAD Kuningan

Cabup/cawabup Kuningan, Dudy-Udin

Kuningan Terkini- Berbagai cara dilakukan calon Bupati/wakil Bupati Kuningan 2018 untuk meyakinkan masyarakat dengan visi misi yang digulirkan untuk memajukan Kabupaten Kuningan, salah satunya paslon dengan nomor urut 2 Dudy Pamuji-Udin Kusnaedi. Berikut petikan hasil wawancara yang dilakukan wartawan Kuningan Ternini dengan paslon yang diusung Golkar, PAN dan Gerindra.

Bagaimana upaya konkrit peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kuningan yang terbilang masih kecil?

Strategi Pertama, optimalisasi Badan Pendapatan Daerah melalui inovasi dalam intensifikasi dan ekstensifikasi PAD. Saya tidak menjelaskan secara panjang lebar saat itu karena dibatasi waktu. Penjelasannya sebenarnya adalah bahwa modernisasi dan aplikasi teknologi informasi mutlak diperlukan karena selama ini perhitungan pajak restaurant, pajak hotel, pajak hiburan masih manual. Kita tahu Bapenda sudah mulai melakukan modernisasi tersebut dan ini perlu terus dioptimalkan agar bisa lebih akurat dalam perhitungannya.

Strategi Kedua, Peningkatan promosi wisata Kuningan dan kawasan khusus agropolitan. Saya memberikan penjelasan bahwa ketika kunjungan wisatawan meningkat ke Kuningan maka secara otomatis akan berdampak pada peningkatan PAD. Hunian hotel meningkat, restoran-restoran atau pusat jajanan khas Kuningan juga akan penuh, retribusi parkir juga tentu akan meningkat apalagi jika ada kawasan khusus kuliner, tempat-tempat hiburan juga tentu akan ramai, dan lain sebagainya.

Menurut bapak ini semua akan berdampak pada meningkatnya PAD. Nah yang jadi pertanyaan bagaimana promosi wisata ini bisa ditingkatkan?

Kita tahu bahwa jumlah kunjungan wisata ke Kuningan per tahun sampai tahun 2017 kemarin adalah 3 juta per tahun. Kita harus membuat target bisa 4 juta per tahun atau lebih tentu melalui strategi branding dan marketing yang tepat apalagi nanti pasca beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka. Pemkab Kuningan harus menggagas inisiatif Tahun Kunjungan Wisata dengan melibatkan sebesar-besarnya partisipasi masyarakat termasuk komunitas komunitas kreatif dan generasi millenial.

Apa ada strategi lainnya pak?

Ada, yaitu optimalisasi Kinerja BUMD. Kita tahu bahwa kinerja BUMD di Kuningan yang sudah jelas-jelas memberikan profit signifikan adalah PDAM. Karena itu, kami akan mendorong BUMD lain untuk secara serius dan profesional menyusun kembali proses bisnisnya agar bisa mendatangkan profit, termasuk menjajagi kerjasama dengan investor yang memiliki concern yang sama untuk memajukan Kuningan.

Bagaimana dengan program kerjanya pak? Dan kenapa jarus memilih Dudy-Udin?

Kami menegaskan bahwa sudah 10 tahun Kuningan melaksanakan demokrasi langsung. Secara objektif harus diakui ada yang perlu diapresiasi namun masih banyak yang perlu kita koreksi. Dengan APBD Kuningan saat ini yang mencapai 2,5 trilyun, 65% belanja daerah masih didominasi belanja tidak langsung sedangkan untuk belanja langsungnya yang diperuntukkan pembangunan hanya mencapai 35%. Sehingga wajar apabila saat ini angka kemiskinan di Kuningan termasuk tinggi (13,59%) kedua tertinggi di Jawa Barat, angka pengangguran terbuka juga cukup tinggi (7,49%), kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin juga cukup tinggi (indeks Gini 0,34) dan yang paling miris adalah tingginya angka bunuh diri di Kuningan.

Karena itu Dudy-Udin akan mengembalikan arah pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yaitu Dengan Landasan Iman Taqwa, Kabupaten Kuningan menjadi Pusat Agropolitan dan Pariwisata Termaju di Jawa Barat Tahun 2027”. Karena itulah, kami merumuskan visi misi dan program dalam motto SPIRIT 2112 yakni 2 Fokus (pertanian dan pariwisata), 1 Tujuan (Kuningan Juara - maju agamis sejahtera) dan 12 Program Unggulan. Akhirnya dalam closing statement saya menegaskan.

Kenapa harus memilih nomor 2 Dudy Udin? Karena rahasia perubahan yang kami tawarkan adalah fokus pada semua energi, bukan energi untuk melawan atau meruntuhkan yang lama, tapi fokus pada energi untuk membangun tradisi tradisi baru yang lebih baik ke depan. Kita perlu kembangkan SDM dengan komitmen menaikkan anggaran keagamaan 2 kali lipat dari yang ada saat ini, memacu kreativitas warga Kuningan dalam membangun pertanian dan pariwisata serta mengembangan sistem inovasi daerah.(Nona Rizky)

Add comment


Security code
Refresh