• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Sab21072018

Last updateJum, 20 Jul 2018 4pm

Politik

Pendaftaran Balon Anggota DPRD Disosialisasikan

Sosialisasi Pengajuan Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Anggota DPRD Kabupaten Kuningan

Kuningan Terkini- Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) no 5 Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Sosialisasi Pengajuan Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Dalam Pemilu 2019, di Hotel Grand Purnama Kuningan, Kamis (06/07/2018).

Selain dihadiri 16 Pimpinan Partai Politik Pemilu 2019 se-Kabupaten Kuningan, jiga dihadiri anggota Panwaslu Kuningan, Ondin Sutarman, Kepala BNN Kuningan, Edi Heryadi, Wakil Ketua PN Kuningan, Perwakilan Kejari Kuningan, Dinas Kesehatan, RSUD 45, Kasat Intelkam AKP, Iwan Rasiwan serta perwakilan dari Kesbangpol.

Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Heni Susilawati dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa tahapan dalam pengajuan pendaftaran calon Anggota DPRD. KPU sudah menyiapkan tim yang akan menerima berkas dari 16 partai politik peeserta pemilu. Ada 4 tim yang akan menangani partai politik yang berbeda. Selain itu, KPU juga akan menyiapkan Desk Pelayanan untuk melayani tahapan ini.

“Kepada partai politik peserta pemilu, KPU menghimbau untuk memastikan para LO (Liaison Officer) atau Tim Penghubung sudah disiapkan dengan baik dan terakses dengan Silon, serta para calon menyiapkan sebaik-baiknya eluruh kelengkapan syarat pencalonannya,” katanya.

Lebih jauh Heni nejelaskan, PKPU Nomor 20 Tahun 2018 ini juga mengatur syarat keterwakilan perempuan 30 persen yang harus tersebar di 5 Dapil di Kabupaten Kuningan. Ada ketentuan di pasal 6, apabila tidak ada keterwakilan perempuan dalam dapil tersebut maka pencalonan tidak akan diterima.

“Sosialisasi PKPU Nomor 20 Tahun 2018 ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang sama antara pihak penyelenggara dan partai politik peserta pemilu, sehingga dalam tahapan pengajuan bakal calon anggota DPRD kita dapat menunaikan seluruh tahapan dengan baik sesuai peraturan yang berlaku” tuturnya.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Kuningan Dadan Hamdani menyampaikan tentang Syarat Calon dan Syarat Pencalonan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Syarat Pencalonan itu diterbitkan oleh Pengurus Pimpinan Partai Politi. Sedangkan untuk Syarat Calon lebih kepada syarat indvidu masing-masing calon.

Syarat tersebut lanjut Dadan, diantaranya ada yang harus dilengkapi yaitu keterangan kesehatan jasmani dan rohani. Untuk kesehatan jasmani dan rohani di fokuskan di RSUD 45 Kuningan. Jadwal cek kesehatan jasmani dan rohaninya akan dibagi dua sesi. Sesi pertama, Hari Sabtu, tanggal 07 Juli 2018 akan di ikuti 8 partai politik, sesi kedua Senin 09 Juli 2018 juga akan diikuti 8 Partai Politik.

“Untuk pemeriksaan bebas narkoba bisa dilakukan di RSUD 45 Kuningan ataupun bisa juga dilakukan di BNN Kabupaten Kuningan," ujarnya.

Syarat lain yang harus dipenuhi lanjutnya, yaitu Surat Pengadilan Negeri, SKCK dari Polres, Surat keterangan dari kejaksaan negeri. Apabila pernah terpidana ringan, itu harus disertakan dalam pengajuan pendaftaran pengajuan bakal calon Anggota DPRD Kabupaten Kuningan.

“Bahwa segala persyaratan pencalonan dan syarat calon dapat dipenuhi dan disiapkan tepat waktu oleh para calon dan semua partai politik karena pendaftaran akan ditutup pada 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh