Fishing

Pemilu Serentak, Ini Kata Mantan Ketua KPU Kuningan

Kam18042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Politik

Pemilu Serentak, Ini Kata Mantan Ketua KPU Kuningan

Mantaqn ketua KPU Kuningan, Heni Susilawati

Kuningan Terkini - Mantan Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati menggaris bawahi beberapa catatan penting dalam pelaksanaan Pemilu kali ini. Menurutnya secara umum pelaksanaan Pemilu serentak bisa dikatakan lancar, tetapi dalam bagian-bagian tertentu diperlukan evaluasi mendasar.

"Yang pertama, evaluasi dari keserentakan pemilihan, beratnya beban kerja petugas dengan gugurnya para petugas ditingkat KPPS dan lainnya, kemudian kualitas partisipasi pemilih harus terhindar dari politik uang, selanjutnya tingkat kehadiran saksi di TPS yang rata-rata 3-5 orang masih sedikit," ujar Heni, Rabu (01/05/2019).

Heni menyoroti pula Kualitas Edukasi KPPS harus lebih fokus. Sebaiknya masa tugas KPPS tidak hanya 1 bulan tetapi antara 2 sampai 3 bulan. Hal ini, tentunya akan berdampak pada membengkaknya anggaran honor petugas, tapi dengan cara ini kita bisa mengedukasi KPPS dengan waktu yang cukup.

"Membentuk komitmen moril, menjaga etika sebagai penyelenggara, tidak cukup dilaksanakan hanya dalam waktu satu bulan," pungkasnya. (Bubud Sihabudin)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing