Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Profil

Giri, Si Penjaga Tugu Perbatasan Jabar-Jateng

Kuningan Terkini - Desa Pananggapan Kecamatan Banjarharjo merupakan sebuah daerah di wilayah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Disana terdapat sebuah warung kecil yang sudah ada sejak adanya pembangunan tugu kujang sebagai simbol perbatasan daerah.

Dimusim kemarau panjang ini, wilayah yang dikelilingi perbukitan ini, kontras dengan kekeringan, lahan pertanian dan perkebunan maupun sungai yang kering kerontang.

Namun dengan cuaca seperti sekarang ini, tidak membuat patah semangat sang pemilik warung yakni Giri (40), yang menjual makanan ringan maupun nasi untuk mencari nafkah.

Sambil menunggu warung miliknya, ia pun selalu menjaga dan merawat tugu kujang tersebut dari kerusakan, meskipun tidak ada orang yang menyuruhnya. Namun itu dilakukan dengan ikhlas.

"Banyak anak-anak muda yang main dan nongkrong di tugu kujang. Kalau banyak sampah saya selalu membersihkan,” ujarnya.

Giri mengungkapkan, beberapa waktu lalu, Bupati Kuningan Utje Ch Suganda berkunjung ke tugu perbatasan. Bahkan ia mengaku Utje sempat mengobrol dengannya, dan menyuruhnya untuk memundurkan tempat warungnya yang berada diatas milik lahan perhutani itu.

“Ia waktu ada bupati, katanya warungnya untuk dimundurkan, nanti akan dibantu untuk biayanya, tapi hingga dua bulan ini belum juga ada kabar," ungkapnya. (L.hakim)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing