Fishing

Didi, Geluti Budidaya Tanaman Cabai

Kam25042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Profil

Didi, Geluti Budidaya Tanaman Cabai

Ddi saat merawat tanaman cabi yang ditanamnya.

Kuningan Terkini – Meski curah hujan saat ini masih tinggi, warga Desa Cilowa Kecamatan Kramatmulya Kuningan, Didi Juandi bertahan menggeluti budidaya tanaman cabai. Dengan keseriusan dan keyakinannya, Didi membuktikan mampu bertahan mengggeluti budidaya cabai di musim hujan.

“Memang gangguan yang saya rasakan kali ini jauh lebih banyak daripada musim kemarau. Berbagai penyakit dan hama terus datang bergantian. Dari hama batang, daun, dan buah. Tapi itu justru tantangan bagi saya untuk bisa ditemukan solusinya,” kata Didi saat memperhatikan perkembangan pohon cabainya, Jumat (03/02/2017).

Meski tanaman cabainya diserang hama dan mati katga Didi, namun hal tersebut hanya berapa persennya saja dari jumlah tanaman cabainya. “Tanaman cabai yang saya tanam ada kurang lebih 1.700 pohon, yang terkena hama dan mati hanya 50. Alhamdulillah, yang terkena tidak banyak,” tuturnya.

Didi mengaku, menanam cabai dimusim hujan rentan hama dan gagal panen. Namun, jika perawatan dilakukan dengan maksimal, pertumbuhannya bagus dan mengasilkan cabai dengan kualitas baik.

“Karena itu jangan kaget kalau sering terjadi kelangkaan stok dan berdampak pada naiknya harga di pasar. Menurut saya, kalau serius merawatnya, seberapa besar atau sebanyak apapun jenis hama, pasti bisa diatasi,” kata Didi disela-sela kesibukannya tanaman cabainya. (l.hakim)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing