Rab23092020

Last updateSel, 22 Sep 2020 9pm

BJB

Aneka

Lahan Seluas 20 Hektar di Desa Padabeunghar Terbakar

Naggota TNI bersama warga setempat berjibaku melakukan pemadaman api di desa Padabeunghar.

Kuningan Terkini - Lahan di blok Cirendang dan blok Pejaten desa Padabeunghar, kecamatan Pasawahan, kabupaten Kuningan terbakar, Rabu (09/09/2020). Meski sedikit kesulitan akibat angin kencang, kobaran api yang melahap lahan seluas 20 hektar ini berhasil dipadamkan selama kurang lebih 5 jam.

Menurut keterangan saksi, pegawai PDAU, Jajang, saat sedang bertugas di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), sekira pukul 08.30 WIB, ia melihat titik api di sekitar blok Cirendang dan blok Pejaten, Desa Padabenghar. Karena khawatir meluas, ia mengajak warga setempat untuk melakukan pemadaman.

"Saya bersama masyarakat setempat langsung melakukan pemadaman. Namun, kami kesulitan karena kondisi angin sangat kencang bahkan kebakaran sempat meluas. Akhirnya saya langsung melaporkan ke rekan saya yang sedang piket agar dapat bantuan dari pihak lain," ungkapnya.

Sejurus kemudian, pihak PDAU bersama komunitas Aktivis Anak Rimba (Akar), 3 anggota Koramil 1514/Mandirancan, Polsek Pasawahan serta pihak TNGC datang untuk melakukan pemadaman. Sementara, pihak TNGC melakukan pembasahan di sekitar lahan yang terbakar agar tidak semakin meluas.

“Berkat kerjasama pemadaman dari berbagai pihak, akhirnya api dapat dipadamkan pada pukul 12.40 WIB. Namun, hingga saat ini belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh