Fishing

Kekeringan, Warga Berebut Bantuan Air Bersih

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Aneka

Kekeringan, Warga Berebut Bantuan Air Bersih

Warga Cihanjaro berebur air bersi bantuan dari Polres Kuningan.

Kuningan Terkini - Kekeringan saat musim kemarau panjang di Kuningan, membuat sejumlah warga desa kelimpungan mencari air bersih. Tak terkecuali warga Desa Cihanjaro Karangkancana Kuningan yang saling berebut mendapatkan air bersih bantuan dari Polres Kuningan. Walaupun saling berebut satu sama lain, pembagian air bersih tetap aman dan lancar karena pengamanan yang dilakukan oleh petugas Polres Kuningan.

“Memang kejadian kekeringan seperti ini sudah kerap terjadi di wilayah ini. Apalagi, kalau sudah memasuki kemarau panjang seperti ini. Yang paling penting mah buat minum, kalau mandi bisa ke kali besar,” ucap salah seorang warga setempat, Asnah yang tengah mengantri mendapat giliran bantuan air bersih kepada KaTer, Minggu (5/10/2014).

Warga RT 8 RW 3 ini Dusun Suka Asih Cihanjaro ini mengungkapkan, jika tidak ada bantuan air bersih, warga biasanya mengambil air ke sumber mata air dengan menempuh perjalanan hingga ½ jam. Kadang, warga juga dibuat kerepotan karena harus membawa dirigen besar setiap mengambil air dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Sementara Kuwu Cihanjaro Karangkancana Asep Bambang mengatakan, biasanya warga membutuhkan air bukan hanya untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan minum, namun juga untuk keperluan seperti membuat bangunan rumah, hajatan dan lainnya.

“Kalau untuk sumber air yang banyak itu jaraknya jauh kira-kira 7 kilo hingga 8 kilometer. Tapi, ada juga yang hanya berjarak 2 kilometer di daerah Cileleus,” sebutnya.

Walaupun ada Artesis (air tanah, red) kata Bambang, hanya terdapat satu dan itu juga belum maksimal disalurkan kepada warga masyarakat. Rencananya juga kedepan bakal membangun pipanisasi untuk membantu sebanyak 4 desa dari program Dinas Cipta Karya.

“Warga Desa Cihanjaro sebanyak 450 KK ini, selain mencari air ke tempat mata air juga kadang membeli kepada penjual air keliling dengan harga Rp 1 Ribu hingga 2 Ribu tiap dirigen nya,” katanya.

Terkadang lanjut Bambang, biasanya setiap tahun selalu ada bantuan dari pemerintah, namun untuk sekarang belum ada. Saat ini, baru ada bantuan dari Polres Kuningan yang memberikan bantuan air bersih untuk warga kami di Desa Cihanjaro.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing