Fishing

Dicemarkan Nama Baiknya, Mantan Ketua PWI Lapor Polisi

Sab18052024

Last updateSen, 13 Mei 2024 10am

bjb

Hukum

Dicemarkan Nama Baiknya, Mantan Ketua PWI Lapor Polisi

Mantan Ketua PWI Kuningan, Iyan Irwandi saat lapor ke Polisi.

Kuningan Terkini - Diduga dicemarkan nama baiknya oleh Arya Sabar Ramadhan, Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi menempuh jalur hukum. Ia melaporkan orang yang belum diketahui keberadaannya tersebut kepada Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Kuningan.

Menurut Iyan sapaan akrabnya, orang yang belum diketahui keberadaannya tersebut telah menggunakan foto wartawan Kabar Cirebon Wilayah Kuningan tanpa izin di foto profil whatsapps (WA)-nya. Dan tidak tanggung-tanggung digunakan untuk meminta sejumlah uang kepada Korps Lalu Lintas Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Korlantas Mabes Polri).

Alasanya kata Iyan, guna membantu menunjang kelancaran kegiatan liputan ke Banjarmasin selama dua minggu. Padahal Iyan Irwandi yang sempat menjadi ketua PWI Kuningan periode 2014-2017 & 2017-2020 tidak pernah merasa melakukan hal tersebut. "Memang benar. Saya telah membuat laporan pengaduan ke Unit Tipiter Polres Kuningan," ujar Mantan Ketua PWI Kuningan, Iyan Irwandi, Selasa (01/08/2023).

Dengan adanya kasus ini sambung Iyan, Ia menginginkan Arya Sabar Ramadhan mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Akibat dari ulah si oknum tersebut membuat nama baik lulusan terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Angkatan 2 tahun 2016 menjadi tercoreng dalam waktu yang sangat singkat.

Lebih jauh Iyan membeberkan secara gamblang kronologis kejadian kepada aparat kepolisian. Awalnya, pada tanggal 19-20 Juli 2023, ia bersama dengan puluhan wartawan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) kenaikan grade dari tingkat wartawan muda ke wartawan madya di Hotel Aston Cirebon.

Keesokan harinya atau tepatnya tanggal 21 Juli, ia mendapatkan telepon dari salah satu penguji UKW, H. Suherlan bahwa di group WA para penguji UKW se-Indonesia, ada share dari pengurus PWI Pusat, Prapto. Yakni, tentang percakapan orang yang mengaku wartawan anggota PWI atas nama Arya Sabar Ramadhan yang meminta sejumlah uang (termasuk mencantumkan nomor rekening bank) ke Korlantas Mabes Polri untuk kelancaran kegiatan liputan ke Banjarmasin.

Namun foto yang dishare yang atas nama Arya Sabar Ramadhan justru mirip dengan peserta UKW kategori wartawan tingkat madya di Aston Cirebon atau mantan ketua PWI Kabupaten Kuningan dua periode. Pengurus PWI Pusat menanyakan kepada anggota group WA para penguji, apakah ada yang mengenalnya atau tidak karena dari Korlantas Mabes Polri menghubungi yang bersangkutan.

"Atas dasar informasi itu, saya langsung mengklarifikasi kepada pengurus PWI Pusat karena tidak merasa melakukan hal tersebut," ucapnya.

Selain itu, dirinya pun mengklarifikasi kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI Pusat, Mirza Zulhadi bahwa fotonya dicatut oleh orang yang mengaku bernama Arya Sabar Ramadhan melalui WA-nya yang meminta sejumlah uang ke Korlantas Mabes Polri supaya tidak terjadi salah paham. Apalagi nomor rekening yang digunakan adalah nomor rekening Arya Sabar Ramadhannya.

"Semoga kejadian ini tidak menimpa kawan-kawan wartawan lainnya yang tidak tahu-menahu malah dijadikan kambing hitam padahal saya bukan pejabat atau pun selebritis," tuturnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing