Fishing

Amar: Cegah Corona, Pemkab Kuningan Perlu Karantina Wilayah

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Kesehatan

Amar: Cegah Corona, Pemkab Kuningan Perlu Karantina Wilayah

Amar

Kuningan Terkini - Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid 19 adalah dengan melakukan karantina wilayah atau lockdown. Demikian disampaikan salah seorang pegiat sosial di Kabupaten Kuningan, Ma'had Taufiq Mubarok yang akrab disapa Amar kepada Kuningan Terkini, Minggu (22/03/2020).

Menurut Amar, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan dirasa perlu segera melakukan lockdown atau karantina wilayah untuk menghambat penyebaran virus Corona di Kabupaten Kuningan. Meski saat ini wabah di Kuningan termasuk wilayah yang masih bisa di kendalikan, namun harus segera diantisipasii dengan melakukan karantina wilayah agar tidak memperbesar resiko penyebaran.

Dengan menutup wilayah Kuningan masih kata Amar, diharapkan dampak negatif yang ditimbulkan bisa lebih kecil, dibanding harus mengkarantina individu didalam rumah jika sudah terlanjur terdampak dan sulit dikendalikan. Salah satu dampak terbesarnya, adalah kemungkinan lumpuhnya roda perekonomian.

"Jika karantina didalam rumah, maka kegiatan mencari nafkah baik berdagang maupun bekerja terpaksa harus terhenti. Pedagang tidak akan bisa berjualan, pekerja pun terpaksa dihentikan dan tidak bisa mencari nafkah untuk menyambung hidup," lanjutnya.

Amar menambahkan, sebagai umat beragama terutama mayoritas agama Islam telah diajarkan oleh Rasulullah bahwa apabila terjadi wabah disatu wilayah maka dianjurkan untuk mengkarantina wilayah tersebut agar tidak menyebar ke wilayah lain.u

"Rasulullah Bersabda, Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu," ungkap Amar, menukil salahsatu Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhori.

Tapi lanjutnya, jika memang kondisinya sudah tidak memungkinkan, apapun kebijakan yang diambil Pemerintah sebaiknya ditaati dan didukung oleh seluruh masyarakat demi kemaslahatan bersama. Semua harus bersinergi untuk bersama-sama melawan Corona.

"Kita harus turut berjuang bersama Pemerintah, ini ladang jihad. Kita juga harus memikirkan nasib saudara-saudara kita terutama yang berada dibawah garis kemiskinan, baik untuk persediaan pangan selama dikarantina maupun hal-hal lainnya," ujarnya.

Sebagai antisipasi jelas Amar, encananyadengan pegiat-pegiat sosial lainnya akan bersinergi untuk menggalang donasi, baik untuk stok pangan warga sangat miskin, masker, hand sanitizer, maupun cairan disinfektan untuk warga sangat miskin guna dapat bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran virus Corona.

"Selain do'a sebagai senjata utama, kita juga wajib ikhtiar. Kita akan mencoba berkoordinasi dengan pemerintah dan pihak lainnya untuk sama-sama berjuang melawan Corona. Semoga Allah melindungi kita semua dan bencana ini segera berakhir," pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing