• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Olahraga
  • Kesehatan

Jum29052020

Last updateJum, 29 Mei 2020 11am

BJB

Kesehatan

Tineke: Perawat, Menjemput Resiko Paparan Covid-19

Pengurus DPD PPNI Kab Kuningan Peduli Penanggulangan Covid-19

Kuningan Terkini - Berawal dari fase wabah Pandemi Global COVID-19 masuk ke Indonesia, Perawat adalah profesi yang harus menjalankan kewajibannya untuk menjadi garda terdepan dalam penanggulangan virus ini. Ketika hampir sebagian besar ASN melakukan WFH diikuti juga para karyawan swasta, praktis para perawat harus tetap melakukan pengabdiannya dibidang kesehatan.

Perawat terutama yang bekerja di Rumah Sakit (RS) Pemerintah, swasta, puskesmas dan Klinik yang menjadi rujukan perawatan pasien Covid-19, bertugas menghadapi sebuah pilihan antara tetap bekerja menjunjung tinggi profesionalisme atau mementingkan keamanan pribadi dan keluarga.

Perawat sangat berperan dalam menghadapi kondisi wabah Covid-19 saat ini, yaitu sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan seperti di rumah sakit. Selain itu, perawat juga mempunyai peran sebagai edukator, sebagai tim pendidik yang memberikan edukasi kepada pasien, keluarga dan masyarakat.

Perawat berperan dalam memperkuat pemahaman masyarakat terkait apa dan bagaimana covid-19, pencegahan dan penularan, serta bagaimana meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tanda dan gejala. Hal ini dalam upaya meningkatkan sense of crisis, sehingga masyarakat menjadi waspada dan menerapkan perilaku pencegahan dan hidup sehat, dan tidak panik.

Perawat juga berperan dalam advokat dimana perawat akan membantu mengurangi stigma bagi pasien dan keluarga yang terindikasi covid positif. Secara umum, perawat mempunyai peran yang sangat penting baik dari segi promotif, preventif, dan pelayanan asuhan keperawatan dalam kondisi wabah covid-19. Semua perawat yang saat ini berkutat dan terlibat dalam perawatan pasien Covid-19 diseluruh rumah sakit didunia dan di Indonesia, telah mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga.

Para perawat telah mengorbankan keselamatan dan menghadapi ancaman tertular virus yang bisa berakhir pada kematian. Sebagai bagian dari garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19, tidak sedikit yang mengalami kelelahan baik secara fisik dan juga secara mental. Tingginya beban kerja mereka dalam menangani kasus covid-19, langkanya fasilitas alat pelindung diri (APD) serta kebutuhan nutrisi yang belum tentu kuat, membuat imunitas tubuh menurun, sehingga resiko tertular virus semakin meningkat. Saat ini tercatat setidaknya sudah ada 12 perawat di Indonesia yang positif terinfeksi covid-19 dan meninggal dunia.

Merasa prihatin melihat kondisi yang terus berkembang dengan merebaknya Covid-19, pengurus DPD PPNI Kabupaten Kuningan melakukan distribusi APD, support vitamin nutrisi, Cairan Desinfektan kepada perawat pelaksana di sekertariat PPNI (Klinik Pratama Husnul Khotimah Kuningan, Sabtu (11/04/2020).

Ketua DPD PPNI Kab Kuningan Tineke Thalib, S,Kep saat diwawancarai disela acara mengatakan, pendistribusian itu terbagi dalam 15 zona kepengurusan DPK PPNI se-kabupaten Kuningan. Diantaranya, DPK RSUD 45, DPK RSUD Linggajati, DPK RS Juanda, DPK RS Sekarkamulyan, DPK RSU EL-Syifa, DPK Hasna Jantung Kuningan, DPK RS KMC Luragung dan Kuningan, DPK RS Wijaya Kusumah, DPK Puskesmas Zona Kuningan, DPK Puskesmas Zona Kadugede, DPK KLINIK FASYANKES, DPK zona Pendidikan STIKKU, DPK Puskesmas zona Luragung, DPK Puskesmas Zona Ciawigebang dan DPK Puskesmas zona Cilimus.

Menurut Tineke, Thalib, S,Kep, ini adalah bentuk support kepada anggotanya yang sedang berjuang di frontliner pelayanan kesehatan di seluruh kab Kuningan. “Kami menyadari support yang kami distribusikan sangat jauh dari mencukupi karena jumlah perawat di kabupaten Kuningan mencapai 1400, maka saat ini baru sistem prioritas resiko dan insyallah kita terus menggalang dana untuk support selanjutnya,” pungkasnya. (H WAWAN Jr)

Add comment


Security code
Refresh