Fishing

Kuningan Tuan Rumah POTRADNAS IX 2023

Sab18052024

Last updateSen, 13 Mei 2024 10am

bjb

Olahraga

Kuningan Tuan Rumah POTRADNAS IX 2023

Kuningan Tuan Rumah POTRADNAS IX 2023

Kuningan Terkini - Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX 2023 resmi digelar di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Kegiatan yang dimulai tanggal 12 hingga 15 Juni 2023 di buka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Aribimo Nandito Ariotedjo.

POTRADNAS IX 2023 melibatkan kawula muda berusia 15 hingga 22 tahun dari setiap provinsi di Indonesia. Masing-masing Provinsi diwakili oleh 20 peserta. Ajang ini akan mempertandingkan lima jenis olahraga tradisional, yaitu hadang, egrang, sumpitan, terompah panjang, dan gasing. Adapun jumlah peserta pada gelaran POTRADNAS tahun ini sebanyak 26 Kontingen yang berasal dari 18 provinsi dan 8 Kabupaten/Kota seluruh indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo maengatakan, POTRADNAS IX 2023 tidak hanya akan menjadi ajang olahraga, tetapi juga akan berperan sebagai daya tarik wisata olahraga dan industri olahraga. Diperkirakan banyak orang dari seluruh Indonesia akan datang ke Kabupaten Kuningan untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam acara ini.

“Olahraga tradisional merupakan bagian dari warisan turun-temurun kita. Oleh karena itu, menjaga olahraga tradisional adalah tugas anak muda untuk melestarikannya,” kata Menteri Ariotedjo.

Sementara, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah POTRADNAS IX Tahun 2023.

“Olahraga tradisional memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat dari segala usia, seperti halnya olahraga sepak bola dan lainnya. Sejak dahulu, olahraga tradisional telah menjadi kesenangan anak-anak sebagai bentuk permainan yang menyenangkan. Permainan ini dengan cepat menyebar dari desa ke desa dan bahkan hingga ke kota-kota besar” Ujar Acep.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing