Fishing

Pesilat PBSS Wajib Hapal Pancasila

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

Bank Kuningan

 

 bjb

kater

PEMERINTAHAN - PARLEMENTARIA - POLITIK

bpkaddisdik

SOSIAL - EKONOMI - PENDIDIKAN

bjbbpr

HUKUM - PROFIL - ANEKA

OLAHRAGA - KESEHATAN - WISATA

Pesilat PBSS Wajib Hapal Pancasila

Ujian kenaikan tingkat perguruan silat PBBS.

Kuningan Terkini- Ratusan pesilat dibawah naungan Perguruan Silat PBSS Pencak Silat Klub Bersatu (PBBS) yang sedang mengikuti ujian kenaikan tingkat, wajib hapal Pancasila. Pasalnya, Pancasila merupakan salah satu syarat kelulusan kenaikan tingkat yang digelar di Kampus SMKN 1 Kuningan, Minggu (16/06/2019).

Menurut ketua Umum PBSS Pencak Silat Klub Bersatu, Iyan Irwandi, S.Ip, Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) ini, terbagi dalam 2 kategori. Yakni, ujian khusus bagi pelatih dan asisten pelatih serta ujian bagi anggota secara umum.

“Dalam ujian kenaikan tingkat ini, tidak hanya diuji fisik dan kemampuan penguasaan jurus beladiri saja, seluruh peserta ujian kenaikan tingkat wajib hapal Pancasila serta memahami pengetahuan tentang agama,” kata Iyan menjelaskan.

Hal ini kata Iyan, dimaksudkan agar terbentuk pesilat-pesilat yang berkarakter dan berakhlak mulia. Karena, sebagai generasi muda penerus bangsa, harus memahami Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kecintaan terhadap NKRI semakin kuat.

“Begitu pula dengan pengetahuan agama. Khusus peserta ujian yang beragama Islam, diharuskan mampu membaca syahadat beserta artinya, hapal rukun iman, rukun Islam, hapalan surat-surat pendek Al-Qur’an, sejarah singkat penyebaran agama Islam di Indonesia,” terangnya.

Materi ini sambung Iyan, sangat penting. Karena, dalam membina pesilat, tidak cukup hanya mengajarkan bela diri, "Pesilat juga harus dibekali pengetahuan keagamaan dan pemahaman kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing