Jum30102020

Last updateSen, 26 Okt 2020 8pm

BJB

Pemerintahan

Bupati: Musrenbang Mengacu 9 Isu Strategis

Bupati Kuningan saat memberikan sambutan saat Musrenbang di Kec Cigugur.

Kuningan Terkini - Sejumlah Kecamatan di wilayah Kabupaten Kuningan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan, Senin (20/01/2020). Diantaranya, Kecamatan Cigugur, Kecamatan Sindang Agung, Kecamatan Nusaherang dan Kecamatan lainnya.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH yang hadir, sekaligus membuka Musrenbang Kecamatan Cigugur mengatakan, musrenbang merupakan sarana dalam menentukan prioritas kebijakan pembangunan daerah, serta berfungsi sebagai bentuk komunikasi para pemangku kepentingan dalam mencapai konsensus bersama mengenai kegiatan pembangunan yang akan datang.

Musrenbang tahun 2020 lanjutnya, dilaksanakan guna penyususnan Rencana Kerja Pembangunan (RKPD) Tahun Anggaran 2021 sebagai dasar penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2021, sebagaimana amanat UU nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. "Dengan demikian, perencanaan pembangunan harus disusun berdasarkan permasalahan, serta isu-isu strategis yang berkembang dan pertimbangan politis dengan mengedepankan masyarakat luas.

Dalam Musrenbang Kecamatan kata Acep, Camat dapat mengarahkan ususlan Kecamatan yang mengacu pada penyelesaian 9 isu strategis. Diantaranya, pelatihan wirausaha dan UMKM, pengembangan desa wisata, Integrasi sistem aplikasi online, pembangunan/peningkatan/rehabilitasi jalan jembatan dan jaringan irigasi, peningkatan produktivitas pertanian, pembangunan jaringan pengaman, serta peningkatan sarana prasarana pendidikan.

“Saya harap, Camat melakukan fungsi pengawasan, sehingga musrenbang tingkat desa tepat waktu. Tingkatkan desa-desa agar status desa menjadi desa yang mandiri. Dengan desa yang mandiri, maka akan mendapatkan reward dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh