Min20092020

Last updateKam, 17 Sep 2020 9pm

BJB

Pemerintahan

Silang Sengkarut Batu Satangtung, Sikap Komnas HAM Dinilai Sepihak?

Sekretaris DPD PEKAT IB Kuningan, H. Nana Mulyana Latif, ST

Kuningan Terkini - Sikap Komnas HAM dalam menyelesaikan terkait penyegelan Batu Satangtung dinilai sepihak oleh sejumlah kalangan, salah satunya dari Sekretaris DPD PEKAT IB Kuningan, H. Nana Mulyana Latif, ST. Menurutnya, Komnas HAM terlalu gegabah langsung meminta Bupati Kuningan menghentikan proses penyegelan Tugu Batu Satangtung tanpa terlebih dahulu melihat kondisi sebenarnya di Kuningan.

“Hanya gara-gara aduan sepihak, Komnas HAM langsung mengeluarkan surat rekomendasi, meminta kepada Bupati Kuningan dan jajaran pemerintahan Kuningan untuk menghentikan proses penyegela,” katanya kepada Kunngan Terkini, Jum’at (07/08/2020).

Komnas HAM sambungnya, seharusnya objektif dalam menangani silang sengkarutnya persoalan penyegelan Batu Satangtung. Sebelum mengeluarkan surat rekomendasi tersebut, Komnas HAM terjun langsung kelapangan untuk melihat kebenarannya, bukan sebaliknya, membuat rekomendasi tanpa mengkaji dulu kelapangan. Hal ini tentunya dinilai sepihak sehingga menciptakan opini publik yang menyesatkan.

Jika dirunut awal silang sengkarutnya persoalan ini kata Nana, usai disegelnya Tugu Satangtung, masyarakat Karuhun Kuring (AKUR) mangadukan hal ini ke Komnas HAM dengan alasan adanya diskriminasi tehadap kaum minoritas dengan disegelnya Tugu Batu satangtung. Padahal, kejadiannya tidak seperti itu, masyarakat Kuningan menyatakan sikap mendukung kebijakan Bupati.

“Hal ini yang menjadi pemicu silang sengkarut penyegelan Batu Satangtung makin melebar. Coba lihat jejak digitalnya, masyarakat Akur membuat statmen di media nasional, bahkan youtube. Seolah telah terjadi intimidasi kepada masyarakat Akur, padahal tidak seperti itu. Buktinya, setiap tahun selalu diadakan Seren Taun yang digelar secara meriah tanpa adanya tekanan dari masyarakat Kuningan, “ paparnya.

Untuk itu terang Nana, Ia meminta Komnas HAM dalam menyikapi persoalan ini, tidak sepihak agar persoalan ini tidak melebar kemana-mana dan membuat situasi makin memamas. “Jangan gegabah dalam menyikapi persoalan ini kalau tidak mau dinilai sepihak,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh