Rab23092020

Last updateSel, 22 Sep 2020 9pm

BJB

Pemerintahan

Kuningan-Indramayu, MoU Pemanfaatan Sumber Air Baru

Kuningan-Indramayu, MoU Pemanfaatan Sumber Air Baru

Kuningan Terkini - Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH. menyambut hangat kedatangan Plt. Bupati Indramayu, H. Taufik Hidayat, SH, dan Rombongan di Kabupaten Kuningan, Selasa (15/09/2020). Kehadiran Plt Bupati Indramayu ke Kuningan dalam rangka MoU kesepakatan Pemanfaatan Sumber Air Baru Kabupaten Kuningan Untuk Penyediaan Kebutuhan Air Minum Kabupaten Indramayu.

Menurut Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH, saat ini, Kabupaten Kuningan sedang mambangun perencanaan kerjasama dalam pengelolaan sumber daya alam, salah satunya air yang sumber terbesarnya ada di Gunung Ciremai, Ia ingin Kabupaten Kuningan mendeklarasikan sebagai kabupaten observasi.

“Kami juga ingin belajar bagaimana caranya bisa meraih investor untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan di Kuningan dan meningkatkan lapang pekerjaan,” katanya.

Sementara, Plt Bupati Indramayu, H. Taufik Hidayat, SH mengatakan, dengan luas wilayah 297 hektar, Indramayu memiliki sumber air yang banyak. Namun, sumber-sumber air tersebut masih belum bisa menyediakan air bersih dengan isntan dan murah.

“Apalagi, dengan kapasitas pengolahan air bersih yang hanya ada di dua titik, yaitu di Cimanuk dan Citarum,” terangnya.

Ditempat yang sama. Direktur PDAM Kuningan, Deni Erlanda, SE, M.Si menambahkan, dalam kerjasama ini pasokan air bersih dari Kabupaten Kuningan ke Kabupaten Indramayu ada payung hukumnya, yaitu melalui Government to Government yang ditindak lanjuti dengan Business to Business.

“Untuk jasa teknisnya akan bekerjasama antar Perumda dan distribusi airnya dilakukan melalui pipa yang sudah disosialisasikan, yaitu dari Kaduela dan Pasawahan karena keduanya sudah memiliki izin,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh