Fishing

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuningan

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuningan

Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Kuningan.

Kuningan Terkini - Bendungan Kuningan yang dibangun selama 7 tahun, akhirnya diresmikan Presiden RI, Ir, Joko Widodo (Jokowi), Selasa (31/08/2021). Dalam peresmian tersebut Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Anggota Komisi V DPR, Mulyadi, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Kuningan, Acep Purnama.

“Alhamdulillah, Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat yang telah dibangun selama 7 tahun dengan biaya Rp 513 miliar, hari ini selesai dan siap untuk difungsikan,” kata Jokowi menjelaskan.

Bendungan Kuningan kata Jokowi, memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 25,9 juta meter kubik air. Selain itu, bendungan ini akan mensuplai air secara kontinyu dan menyediakan air pertanian irigasi bagi 3.000 hektar sawah masyarakat di kabupaten Kuningan, kabupaten Cirebon dan kabupaten Brebes.

“Jika suplai air untuk irigasi ini terus terjaga, petani bisa menambah frekuensi tanamnya. Dari satu kali tahun menjadi dua atau tiga kali setahun. Sehingga, dapat meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani kita,” ujarnya.

Bendungan Kuningan ini terang Jokowi, sangat bermanfaat untuk ketahanan air, mengendalikan banjir, menyediakan air baku 0,30 meter kubik perdetik serta menghasilkan listrik 0,5 Megawatt. Untuk itu, Ia meminta agar Bendungan Kuningan disambungkan dengan penataan jaringan irigasi, mulai saluran primer dan sekunder, saluran tersier sampai ke saluran kuarter.

“Saya berharap, bendungan ini bisa memberikan nilai tambah bagi daerah, bukan saja meningkatkan produktivitas pertanian, tapi juga memudahkan penyediaan air bersih yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat,” pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing