Sen17012022

Last updateSel, 11 Jan 2022 8pm

BJB

Pemerintahan

Wujudkan Universal Akses, Desa Ciniru Deklarasi Desa ODF

Bupati Kuningan berfoto bersama usai deklarsi desa ODF.

Kuningan Terkini - Untuk mewujudkan tahun 2023 (100-0-100) universal akses, 100 persen akses air minum, 0 persen pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi, Desa Ciniru mendeklarasikan diri sebagai desa ODF (Open Defecation Free), Rabu (29/12/2021). Deklarasi desa ODF ditandai penyerahan Sertifikat ODF kepada Kades Ciniru oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, Ia berharap kegiatan di desa Ciniu ini, bisa menjadi contoh bagi desa lain. Sehingga, semua desa di Kabupaten Kuningn sudah Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop Babs) atau Open Defecation Free (ODF).

“Budayakan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Dengan Limbah Cair Rumah Tangga,” katanya.

Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat sambung Acep, adalah lingkungan dan perilaku. Sehingga, jika lingkungan dan perilaku masyarakat baik, maka derajat kesehatan masyarakat pun akan meningkat. Perubahan perilaku sehat ini, sangat sulit apabila tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya.

“Perubahan perilaku ini harus dimulai dari hal-hal kecil. Mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang juga. Sehingga, nantinya menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh