Sel04102022

Last updateRab, 28 Sep 2022 2pm

bjb

Pemerintahan

Kunjungi Jateng, Acep dan Ganjar Bahas Kunci Bersama

Bupati Kuningan dan Gubernur Jateng saat membahas Kunci Bersama.

Kuningan Terkini - Ketua Sekretariat Kunci Bersama Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH, MIP untuk membahas Kerjasama Kunci Bersama di Kantor Sekda Provinsi Jawa Tengah Gedung A Lantai II Semarang, Rabu (21/9/2022).

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH selaku Ketua Kunci Bersama mengatakan, KUNCI BERSAMA merupakan lembaga Kerjasama Daerah Perbatasan Jawa Barat dan Perbatasan Jawa Tengah. Berdasarkan Kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah telah dilaksanakan kerjasama.

“Kunci Bersama dibentuk berdasarkan kesepakatan Kuningan Summit tahun 2011 dan dituangkan dalam Keputusan Bersama Pembentukan Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) yang terdiri dari 8 Kabupaten Kota pada awal tahun 2012,” katanya.

Kemudian kata Acep, pada tahun 2014 menjadi bertambah menjadi 9 Kabupaten/Kota yang terdiri dari Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Brebes, Kota Banjar, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Pangandaran.

”Sebentar lagi akan diadakan event Porsenitas (Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan) dan Pameran Produk Unggulan Ke 9 (sembilan) Kunci Bersama yang rencana akan digelar pada tanggal 2 – 4 November 2022 mendatang,” ungkapnya.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyambut baik sekaligus mengapresiasi kunjungan dan inisiatif dari Ketua Kunci Bersama. Menurutnya, ini langkah yang penuh inisiatif untuk sama-sama saling mengurus perbatasan wilayah yang hampir mempunyai kesamaan etnik atau kemiripan dari mulai bahasa dan yang lainya dari beberapa daerah tersebut.

”Kebetulan yang dari Jawa Tengah ada Brebes dan Cilacap dan Bupati Kuningan menjadi koordinatornya. Maka, kerjasama di area itu dapat mendorong penyelesaian di banyak hal ada infrastruktur, perhubungan, lingkungan, pendidikan, kesehatan desa. Menurut saya ini merupakan hal yang sangat bagus,” ujar Ganjar.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing