Sel20022024

Last updateKam, 15 Feb 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Kuningan Kembali Raih Pengharghaan WTP

Bupati Kuningan berfoto bersama usai menerima penghargaan WTP

Kuningan Terkini - Meski dalam kondisi sulit karena kasus Tunda Bayar, Pemerintah Kabupaten Kuningan kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK perwakilan Jawa Barat. Penyerahan penghargaan WTP diterima langsung Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH dan Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdi, SE di kantor BPK Jabar, Selasa (09/05/2023).

Perlu diketahui bahwa WTP ini adalah predikat tertinggi yang diberikan auditor eksternal, dalam hal ini Badan Pemeriksa Keuangan terhadap laporan keuangan pemerintah daerah. Predikat ini diberikan atas penyajian laporan keuangan sudah dilakukan secara wajar dalam semua hal, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Paula Henry Simatupang dalam sambutannya mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang dilaksanakan BPK yang di atur secara tegas oleh uu. Pemeriksaaan laporan keuangan daerah dilakukan 3 bulan setelah berakhirnya tahun anggaran.

“Opini adalah pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran laporan keuangan yang dikeluarkan oleh BPK. Hal ini bukan jaminan bahwa laporan keuangan pemerintah daerah terbebas dari salah saji, namun bisa dipastikan apabila pemerintah daerah mendapatkan opini WTP maka terbebas dari salah saji yang material,” terangnya.(jly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing