Fishing

Atraksi Debus Warnai HSN 2019

Sel16042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Atraksi Debus Warnai HSN 2019

Atraksi Debus Warnai HSN 2019

Kuningan Terkini - Ribuan santri menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Kuningan yang berlangsung di Pandapa Paramarta Selasa, (22/10/2019). Penampilan aksi debus dari pencak silat Pagar Nusa NU menjadi acara penutup yang menarik perhatian. Mereka menunjukan kebolehan dari ilmu tenaga dalam anti senjata tajam seperti pedang dan gergaji.

Para santri pagar nusa menampilkan pesilat perempuan yang mahir memecahkan tumpukan bata dengan kepala. Berlanjut dengan atraksi mendebarkan diantaranya berjalan, berguling diatas serpihan kaca, namun dengan keahlian khusus yang mereka miliki, tidak berdampak apa apa kepada fisik mereka. Seni beladiri ini disebutkan untuk tujuan olah fisik santri dan upaya mereka dalam menjaga keamanan kyai nya.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH hadir sebagai inspektur upacara HSN yang berlangsung khidmat. Paduan suara para santri berhasil menyanyikan lagu kebangsaan dan beberapa lagu wajib nasional. Suasana kebhinekaan semakin terasa dengan dinyanyikanya lagu daerah, diantaranya lagu yang berasal dari papua.

"Tema hari santri tahun ini adalah Santri Unggul Untuk Menjaga Perdamaian Dunia sebagai bentuk kecintaan para santri pada perdamaian dan toleransi, yang sangat diperlukan saat ini oleh kita sebagai Bangsa Indonesia," jelas Bupati.

Pihaknya berharap para kyai pengasuh pesantren di Kuningan senantiasa memberikan ilmu pengetahuan bagi santrinya berserta nilai nilai akhlakul karimah. Sementara, Ketua DKM Mesjid Syiarul Islam Kuningan Drs. H Yayan Sofyan, M.Si, menilai tingkat partisipasi santri di peringatan kali ini sangat meningkat. Hal ini terbukti dengan padatnya lapangan Pandapa oleh ribuan santri yang hadir.

"Saya harap kedepannya untuk lebih ditingkatkan lagi ketertibannya, kemudian untuk tempat diupayakan nanti yang lebih luas," pungkasnya. (Bubud Sihabudin)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing