• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Olahraga
  • Kesehatan

Jum22012021

Last updateJum, 22 Jan 2021 9am

BJB

Pendidikan

Sosdiklih, Unisa-KPU Bahas Demokrasi Pemilu dan Peran Mahasiswa

Sosdiklih Demokrasi Pemilu dan Peran Mahasiswa.

Kuningan Terkini - Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih (Sosdiklih), diaula Unisa, Selasa (24/11/2020). Kegiatan bertajuk Demokrasi, Pemilu, dan Peran Mahasiswa dilaksanakan dengan dua metode, yaitu daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan luring di Aula Kampus I Unisa Jalan Mayasih Cigugur Kuningan.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Unisa Kuningan Nurul Iman Hima Amarullah, S.Ag., M.Si, Warek I Unisa Aep Saepudin, M.Pd.I, Kabiro BAAK Unisa Aris Risdandi, S.E, Kabag Kemahasiswaan Asep Nugraha, S.Pd.I, dan Kabag Humas Sopandi, S.Pd.I. Sementara dari KPU Kuningan hadir secara langsung Ketua Asep Z Fauzi, S.Pd.I, Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Maman Sulaeman, S.Hum, Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Dudung Abdusalam, M.Pd, serta 59 peserta luring dan 36 peserta daring.

Ketua KPUD Kuningan, Asep Z Fauzi yang akrab disapa Asfa dalam paparannya mengatakan, sudah beberapa bulan Unisa dan KPU menandatangani MoU. Kegiatan kali ini merupakan salah satu implementasi dari MoU tersebut. Dibalut dengan nama KPU Goes To Campus, KPU mengunjungi kampus. “Semoga nanti kampus juga berkunjung ke KPU,” katanya.

KPU Goes To Campus kata Asfa, merupakan salah satu cara KPU dalam melakukan pendidikan pemilih di Kabupaten Kuningan. Ia berharap, usai mengikuti giat ini, mahasiswa Unisa mampu mengambil peran penting dalam proses demokrasi kedepan, baik Pilkada maupun Pemilu.

“Mahasiswa yang melibatkan diri pada proses demokrasi dalam peran apa pun, baik peserta maupun penyelenggara, berarti sudah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa sebagai kaum terpelajar harus mampu menjadi bagian dari masyarakat, terlibat dengan masyarakat, dan mampu menciptakan gerakan demi kemaslahatan kehidupan bangsa dan negara. Salah satunya dengan peduli dengan proses demokrasi dan terlibat aktif di dalamnya,” terangnya.

Ditempat yang sama, Rektor Unisa, Nurul Iman yang bertindak sebagai keynote speaker sekaligus membuka acara mengatakan, pihaknya mengapresiasi KPU Kabupaten Kuningan yang telah mendukung implementasi MoU dalam bentuk kegiatan tholabuhl ‘ilmi seperti ini.

“Semoga kehadiran KPU Kuningan dapat menjadi pengalaman baru dan menambah pengetahuan khususnya tentang demokrasi dan kepemiluan bagi rekan-rekan mahasiswa Unisa,” ujarnya.

Pemilu kata Iman, sudah diatur oleh undang-undang. Selain itu, pemilu merupakan salah satu wujud dari pengamalan sila ke-4 Pancasila. Mengingat betapa pentingnya pemilu, Ia mengajak mahasiswa agar secara komprehensif mengawal proses demokrasi dan pemilu, khususnya di Kabupaten Kuningan.

“Dari pemilu ke pemilu, secara umum bisa kita nilai mengalami perubahan yang baik. Salah satunya adalah kian mapannya regulasi yang mengatur tentang pemilihan. Pemilu dan demokrasi bukan ajang main-main,” terangnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh