Sen17012022

Last updateSel, 11 Jan 2022 8pm

BJB

Pendidikan

Fahutan Uniku Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Utara

Mahasiswa Fahutan Uniku saat menenem Mangrove di pesisir pantai utara.

Kuningan Terkini - Kontribusi Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Kuningan (Uniku) terhadap perbaikan lingkungan hidup, diimplementasikan melalui kegiatan penanaman bibit mangrove. Sebanyak 1.000 batang mangrove berhasil ditanam di pesisir pantai utara Cirebon, tepatnya di Desa Jadimulya, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Minggu (09/01/2022).

“Alhamdulillah, hari ini kami berhasil memberikan kontribusi nyata terhadap perbaikan lingkungan hidup, khususnya untuk wilayah pesisir pantai utara Cirebon. Walaupun kami berada dihulu, namun karena ekosistem sifatnya saling kait mengait, Kami juga mempunyai tanggung jawab moral untuk berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan hidup dihilir,” kata Dekan Fahutan Dr. Yayan Hendrayana, S.Hut, M.Si, Senin (10/01/2022).

Sementara, mahasiswa program PMM Uniku yang berasal dari Kalimantan Barat mengungkapkan, kegiatan penanaman kata Yayan, melibatkan 50 orang mahasiswa Fahutan dan pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) tahun 2021 yang berasal dari seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan pengalaman berharga bagi saya dan akan dibawa sebagai oleh-oleh kelak ketika kembali ke daerah,” ujarnya.

Hal senada disampaikan penggiat ekosistem mangrove, yang juga ketua Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Panglaot, Fachrudin. Menurutnya, Ia sudah lama menjadi bagian dari ekosistem mangrove pesisr pantai utara Cirebon.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masa depan lingkungan hidup yang lebih baik, khususnya bagi ekosistem pesisir dan pantai,” pungkasnya.(NR)

Add comment


Security code
Refresh