Fishing

KPU Kuningan Jemput Kertas Suara Pemilu 2019

Jum19042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Politik

KPU Kuningan Jemput Kertas Suara Pemilu 2019

Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi

Kuningan Terkini- Sesuai dengan putusan Rapat Koordinasi (Rakor) pengamanan surat suara, bersama Bawaslu dan Kepolisian siap menjemput surat suara Pemilu 2019. Rencananya, Kamis besok (28/02/2019), kertas suara akan diambil langsung ke pabrik PT Pura Barutama di Jalan AKBP Agil Kusumadya, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Hasil Rakor yang dipimpin langsung Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi menyebutkan, jenis surat suara yang akan dikirim yaitu surat suara Pilpres dan surat suara DPR RI Dapil Jabar 10. Surat suara untuk dua jenis pemilihan tersebut masing-masing berjumlah 868.336 lembar.

“Nantinya dikemas dalam 435 box untuk surat suara Pilpres dan 1.737 box untuk surat suara DPR RI. Barang sakral itu akan diangkut dari pabrik di kota Kudus Jawa Tengah menggunakan dua unit mobil fuso dengan bak tertutup,” kata Asfa, sapaan akrab ketua KPU Kuningan, RAbu (27/02/2019).

Untuk keamanan surat suara selama dalam perjalanan kata Asfa, pihaknya akan melakukan penjemputan secara langsung ke pabrik PT Pura Barutama yang beralamat di Jalan AKBP Agil Kusumadya Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

“Kami akan menjemput didampingi oleh Komisioner Bawaslu Kuningan pak Abdul Jalil Hermawan dan juga 4 personil dari kepolisian. Kami akan berangkat hari Kamis pagi setelah shalat subuh start dari kantor KPU Kuningan,” jelas Asfa.

Dua jenis surat suara pada tahap pertama sambungnya, akan disimpan di Dudang logistik yang disewa KPU di desa Cilowa kecamatan Kramatmulya. Namun karna keterbatasan areal gudang, surat suara akan disimpan secara terpisah. “Untuk surat suara Pilpres disimpan di gudang utara dan surat suara DPR RI disimpan di gudang sebelah selatan. Namun jarakna tidak jauh karena berdampingan,” ujarnya.

Surat suara tersebut terang Asfa, akan disortir dan dilipat untuk selanjutnya dikemas bersama logistik Pemilu lainnya. Proses ini dilakukan secara bertahap sambil menunggu kiriman surat suara berikutnya. Rencananya, proses penyortiran dan pelipatan akan dilakukan di GOR Ewangga Kuningan. Penggunaan GOR ini atas pertimbangan keamanan surat suara mengingat saat ini masih musim penghujan.

“Insya Allah pak Bupati juga akan kooperatif dengan mengizinkan penggunaan GOR Ewangga untuk proses sortir lipat surat suara,” jelas Asfa.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing