Fishing

Warga Garawangi Coblos Sebelum 17 April?

Sab20042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Politik

Warga Garawangi Coblos Sebelum 17 April?

Simulasi pencoblosan pemilu 2019.

Kuningan Terkini - Sebanyak 286 warga yang terdaftar sebagai DPT di TPS 01 Garawangi, tampak mengantri pada rabu pagi (03/04/2019). Mereka tengah melakukan pencoblosan 5 jenis surat suara yang berlokasi di alun-alun Desa setempat. Satu persatu warga di panggil pihak KPPS, kemudian memasuki bilik suara yang telah disediakan.

Tindakan warga ini mendapat perhatian dari Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi atau Asfa, membenarkan telah terjadi pencoblosan surat suara di TPS ini. "Simulasi ini sengaja dilaksanakan dalam rangka mensimulasikan secara teknis seperti gambaran pada pemilihan umum nanti di hari H," tegas Asfa kepada awak media menjelaskan.

Melalui simulasi ini pula lanjut Asfa, pihak bisa mengevaluasi berbagai hal, mulai dari tahap persiapan KPPS beserta perangkat, reaksi pemilih, membuka dan menutup kertas suara, perhitungan dan saksi. Semua akan di evaluasi lengkap dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga selesai tuntas. Simulasi ini akan dijalankan dengan teknis waktu seperti hari Rabu 17 April nanti. "Jam 1 siang adalah batas waktu pencoblosan, tegasnya.

Kemudian waktu perhitungan suara KPU akan mengamati sampai jam berapa TPS ini mampu menyelesaikan. TPS ini dilengkapi pula alat bantu kursi roda bagi pemilih disabilitas. Adapun bagi pemilih yang harus diantar karena keterbatasan fisik dan lainnya, pihak pengantar/pendamping harus mengisi formulir C3 terlebih dahulu.

"Kita evaluasi nanti apakah bisa selesai jam berapa, kita catat waktunya. Saya pun menganjurkan kepada setiap KPPS memasang jam dinding, dan waktu yang disepakati sesuai jam tersebut, ini bukan sekedar simulasi, tapi benar-benar seperti sesungguhnya di 17 April" pungkasnya. (Bubud Sihabudin).

Add comment


Security code
Refresh


Fishing