Sel20022024

Last updateKam, 15 Feb 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Indeks SPBE Kuningan Tahun 2023 ‘Predikat Baik’

Kadiskominfo Kuningan, Drs. Ucu Suryana, M.Si dan Kabid Aptika Hj. Engking Sarki, S.Sos.

Kuningan Terkini - Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 Pemkab Kuningan meraih predikat Baik dengan indeks 3,39. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi no 13 tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE  pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah tahun 2023.

Menurut Kadiskominfo Kuningan, Drs. Ucu Suryana, M.Si, dibandingkan tahun sebelumnya, indeks SPBE Pemkab Kuningan terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2021 meraih indeks 2,24 dengan predikat Cukup, dan tahun 2022 meningkat dengan nilai indeks 2,88 atau predikat Baik.

“Alhamdulillah, indeks penerapan SPBE di Pemkab Kuningan untuk 2023 berpredikat Baik dengan nilai 3,39. Hal ini tidak lepas dari dukungan seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam mewujudkan digitalisasi layanan pemerintahan yang berjalan efektif dan efisien,” katanya, Kamis (18/01/2024).

Dikatakan, Pemkab Kuningan akan terus meningkatkan inovasi dalam hal pelayanan publik secara digital. Hingga tahun 2024 ini, Diskominfo Kuningan telah mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan cara mengintegrasikan berbagai aplikasi layanan publik, layanan administrasi dan layanan keuangan di lingkup Pemkab Kuningan.

“Berbagai layanan yang terintegrasi tersebut, tidak hanya dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, juga mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Sementara, Kabid Aptika Hj. Engking Sarki, S.Sos menambahkan, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE secara terintegrasi.

“Pada lembaga pemerintahan daerah, Diskominfo merupakan leading sektor untuk penerapan SPBE di masing-masing instansi pemerintah daerah. Bisa dikatakan, bahwa Diskominfo sebagai digital transformation agent dalam memastikan manajemen perubahan dan perasional layanan digital,” pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing