Fishing

Forum Pengurangan Risiko Bencana Dibentuk

Min21072024

Last updateJum, 19 Jul 2024 6pm

bjb

Pemerintahan

Forum Pengurangan Risiko Bencana Dibentuk

Forum Pengurangan Risiko Bencana Dibentuk

Kuningan Terkini - Pj Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat, Mpd bersama Ketua TP PKK Kuningan, Hj Susi Widyawati, S.Sos MIP menghadiri pembentukan forum pengurangan risiko bencana program Siedun (simulasi edukasi bencana) tahun 2024 di Desa Gewok, Kecamatan Garawangi, Selasa (09/07/2024).

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu permana S.STP, program siedun merupakan program kompetitif jalur BKK yang di danai oleh Banprov Jawa Barat dengan melibatkan total 15 Desa di 11 Kecamatan sebagai refresentasi desa rawan berbagai jenis bencana dari lokasi terjauh hingga di daerah perbatasan.

“Penunjukan 15 desa ini merupakan refresentasi dari banyak desa rawan bencana di Kuningan. Kedepan, kami ingin lebih dari 50 persen desa di kabupaten Kuningan dapat membentuk forum pengurangan risiko bencana, dimana outputnya nanti, desa-desa ini akan menjadi kepanjangan tangan dari BPBD dalam menanggulangi bencana,” katanya.

Sementara, Pj Bupati Kunngan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat, Mpd mengungkapkan, semua masyarakat harus terlibat dalam penanggulangan risiko bencana alam. Salah satunya dapat menjaga lingkungan dengan membuang sampah ditempatnya.

“Semua jenis bencana terjadi karena dua faktor. Yaitu faktor alam dan non alam. Faktor alam kita tidak bisa memprediksinya, tetapi faktor non alam yang disebabkan faktor manusia, dapat kita antisipasi dengan menjaga lingkungan seperti penanggulangan sampah atau mereboisasi hutan yang gundul,” pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing