Kam11082022

Last updateJum, 05 Agu 2022 4pm

bjb

Ekonomi

Kredit bjb Mesra, Dorong Ekonomi Jabar Juara

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

Kuningan Terkini, Bandung - Berbagai inovasi dan terobosan penting sektor keuangan terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama bank bjb untuk menggenjot ekonomi kerakyatan dengan menelurkan skema pembiayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil, yaitu kredit bjb Mesra.

“Kredit bjb Mesra ini adalah program bersama untuk mendorong ekonomi Jabar Juara Lahir Batin,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam paparannya menjelaskan, Kamis (07/07/2022).

Program Kredit Mesra kata Kang Emil sapaan akrabnyna, telah berhasil membebaskan sekitar 3.500 masyarakat dari rentenir. Bahkan, mereka kini memiliki bisnis yang terus berkembang dengan serapan tenaga kerja mencapai 8.000 orang. Saat ini, ada 40 persen UMKM di Jabar terjerat rentenir karena kemudahannya.

“Makanya, visi kami bersama bank bjb yaitu, mari kita kalahkan rentenir dengan akses yang mudah, tidak membebani dan tanpa agunan," tegasnya.

Kredit Mesra terangnya, tak hanya memberi pinjaman, tetapi juga ada proses pelatihan dan pendampingan agar pinjaman yang diberikan betul-betul efektif. Sejauh ini pembayaran cicilan sangat lancar, terbukti dengan NPL yang sangat kecil. Bahkan, mereka cenderung tidak mau menunggak.

"Kalau ini masif, kami berharap akses ke rentenir semakin sedikit. Ini adalah cara kami berantas kemiskinan di Indonesia. Kalau enggak begitu, rentenir bisa makin mencekik rakyat. Kami bersama bank bjb akan terus kolaborasi maksimalkan program ini," pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing